Wednesday, July 24, 2019

Menambahkan Tabel ke dalam presentasi pada PowerPoint



Salah satu bentuk yang paling mudah dalam penyampaikan sebuah data adalah dengan menggunakan tabel. Tabel memungkinkan informasi menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. PowerPoint
memiliki fitur untuk menambahkan tabel ke dalam slide dan sekaligus memformatnya. Selain itu, tabel dalam PowerPoint juga kompatibel dengan tabel pada Excel, sehingga kita dapat mengambil spreadsheet atau bagian dari spreadsheet pada Excel untuk dapat dapat ditambahkan pada slide.
Berikut langkah – langkah untuk menambahkan tabel ke dalam slide PowerPoint :
1.    Pada Ribbon Insert di group Tables, pilih menu Table.
2.    Klik pada dropdown dan pilih dimensi tabel yang dibutuhkan dari matriks yang disediakan.
3.    Setelah itu, tabel berhasil kita tambahkan sesuai dengan matriks yang telah diseleksi.
4.    Namun ternyata, jika kita membutuhkan lebih dari 10 kolom atau 8 baris, kita bisa langsung klik menu “Insert Table
5.    Akan tampil kotak dialog “Insert Table”, selanjutnya masukkan jumlah baris dan kolom pada kolom yang disediakan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah diisikan silahkan di klik “OK”.
Maka tabel akan langsung masuk ke dalam slide sesuai dengan jumlah baris dan kolom yang sudah diisikan.
Tabel pada PowerPoint adalah tabel sederhana yang tidak mendukung fungsi – fungsi perhitungan seperti halnya spreadsheet pada Excel, sehingga apabila kita membutuhkan tabel yang mendukung fungsi perhitungan kita bisa menambahkan tabel spreadsheet pada Excel. Untuk caranya yaitu :
1.    Pada Ribbon Insert di group Tables, pilih menu Table.
2.    Klik pada dropdown dan pilih menu Excel Spreadsheet.
3.   Tampak bawah tabel telah berhasil dimasukkan, dan apabila tabel tersebut aktif / diklik, maka ribbon menu yang tampil adalah ribbon pada Excel, bukan PowerPoint.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments