Tuesday, July 23, 2019

Menyusun Shape atau Gambar dengan bantuan sidebar Selection and Visibility

PowerPoint mendukung beberapa tipe konten untuk bisa diletakkan dalam satu slide, dimana satu sama lain terkadang saling mendukung. Ada kalanya konten – konten yang berlainan jenis tersebut
diletakkan berdampingan. Namun dalam kondisi tertentu, hal tersebut tidak dapat dilakukan dan harus diletakkan bertumpukan dan terjadi tumpang tindih satu sama lain. Untuk itulah diperlukan fitur dapat diatur konten mana yang harus diletakkan di atas dan mana yang harus di bawah agar semua konten bisa terbaca.
PowerPoint memiliki fitur untuk mengolah posisi atau arrangement untuk membantu hal ini. Untuk menyusun konten, pada dasarnya setiap konten harus diletakkan sebagai lapisan terpisah agar dapat disusun.
Berikut adalah langkah – langkah untuk membantu menyusun konten dalam slide presentasi.
1.    Pilih salah satu konten, lalu klik ribbon Format, di group Arrange, klik menu Selection Pane untuk membuka sidebar Selection and Visibility.
2.    Setelah di klik pada sidebar selection and visibility akan tampil.
3.    Pilih salah satu baris pada sidebar untuk menyorot konten pada slide.
4.    Gunakan panah Re-Order yang terletak pada bagian bawah sidebar untuk memindahkan konten ke atas atau ke bawah.
5.    Pada sebelah kanan setiap konten, terdapat symbol mata untuk menentukan visibilitas setiap konten. Dimana apabila tanda matanya diklik dan menjadi tidak tampil, maka konten tersebut juga tidak tampil pada slide.
Selain menggunakan pilihan Selection Pane, kita juga bisa menggunakan menu Bring Forward atau Send Backward untuk mengatur posisi konten. Atau bisa juga dengan melakukan klik kanan pada konten, selanjutnya pada menu yang tampil pilih menu Bring Forward atau Send Backward.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments