Tuesday, July 16, 2019

Menggunakan slide master pada PowerPoint



Slide master adalah cara yang paling praktis apabila kita ingin melakukan perubahan pada seluruh slide. Karena dengan merubah slide slide, maka slide yang lain juga ikut berubah. Setiap file
presentasi setidaknya memiliki satu slide master.
Berikut adalah langkah – langkah untuk menerapkan slide master.
1.    Klik pada Ribbon View, pada group Master Views. Kemudian klik menu Slide Master.
2.    Akan tampil Ribbon Slide Master seperti tampak pada gambar berikut. Slide yang paling atas pada sidebar sebelah kiri adalah slide Master. Semua slide pada pada template master ini akan mengikut settingan yang kita terapkan pada slide master ini.
3.    Kita dapat melakukan perubahan pada master slide, seperti merubah tema, desain, font, posisi dan ukuran judul. Serta konten – konten lainnya menggunakan ribbon – ribbon lainnya.
4.    Powerpoint juga menyediakan layout standar. Namun kita dapat membuat layout sendiri dengan mengeklik menu “Insert Layout” di group Edit Master di Ribbon Slide Master.
5.    Selain itu, kita juga bisa menambahkan konten yang berupa placeholder dengan menggunakan menu “Insert Placeholder” yang terletak di group Master Layout di Ribbon Slide Master. Dimana menu tersebut terdapat beberapa pilihan jenis konten yang dapat kita gunakan.
6.    Kita juga dapat mengatur tema, latar belakang dan pengaturan halaman untuk semua slide dari slide master.
7.    Melalui menu layout, kita juga dapat mensetting tata letak sebuah slide agar berbeda dari master slide menggunakan menu yang tersedia.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments