Wednesday, September 16, 2020

Beberapa cara menampilkan on screen keyboard di Windows 10

Keyboard merupakan salah satu perangkat input utama dari sebuah sistem komputer, dengan menggunakan keyboard, kita biasa memasukkan angka, huruf dan berbagai macam simbol ke dalam komputer. Tanpa adanya keyboard, maka hampir pasti komputer tersebut tidak dapat digunakan.

Selain keyboard yang biasa kita tancapkan pada PC, Microsoft Windows sendiri sebenarnya juga telah menyediakan suatu tool bawaan yang bisa difungsikan sebagai keyboard, yakni keyboard virtual atau on-screen keyboard (OSK). Untuk mengoperasikannya kita bisa menggunakan bantuan mouse.


Untuk menggunakan keyboard virtual ini, terlebih dahulu kita harus membukanya agar tampil di layer komputer. Windows 10 telah menyediakan beberapa cara yang dapat kita gunakan, yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan kotak dialog Run

Terlebih dahulu kita harus membuka kotak dialog Run, untuk membukanya kita bisa menggunakan tombol cepat pada keyboard yakni tombol Windows + R, kemudian pada kotak dialog Run, ketik “osk”, lalu kemudian tekan tombol Enter.


  • Melalui fitur Easy of Access di Windows Setting

Untuk mengakses menggunakan menu ini, terlebih dahulu kita klik tombol Start Menu, lalu klik Settings,


kemudian klik Easy of Access.

Pada jendela Easy of Access, di sebelah kiri klik Menu Keyboard, lalu pada bagian Use the On-Screen Keyboard dari bernilai Off, ubah menjadi On.


  • Melalui fitur search atau pencarian

Kita bisa langsung klik icon pencarian pada taskbar, kemudian ketikkan “on screen keyboard”, setelah ketemu langsung klik Open.


  • Menggunakan command prompt

Terlebih dahulu kita buka jendela command prompt terlebih dahulu, kemudian ketik “osk”, lalu tekan tombol “Enter”.


  • Lewat tombol start menu

Untuk melalui start menu, klik tombol Start Menu, gulung terus ke bawah sampai menemukan kelompok Windows Easy of Acces, klik kelompok menu tersebut, kemudian klik menu On-Screen Keyboard.


  • Menggunakan control panel

Terlebih dahulu, kita buka jendela Control Panel terlebih dahulu, bisa melalui menu search, kemudian ketikkan “Control Panel”, setelah jendela Control Panel terbuka, klik menu Easy of Access,


kemudian klik Start On Screen Keyboard.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments