Wednesday, September 9, 2020

Cara menampilkan Area Desktop dengan Mudah dan Cepat

Sebagai pengguna komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows, sering kali kita tidak hanya membuka satu aplikasi saja, karena Microsoft Windows memiliki kemampuan multitasking, yakni kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.

Sebagai contoh, kita membuka Microsoft Word untuk mengetik suatu dokumen, di saat yang sama kita membuka Microsoft Excel untuk mengolah data – data yang berupa tabel, kemudian kita juga membuka aplikasi pemutar musik, lalu juga membuka Mozilla Firefox untuk mencari informasi via internet, serta mungkin ada beberapa aplikasi lainnya juga yang dibuka.

Tentunya akan banyak jendela yang terbuka, dimana jendela – jendela aplikasi tersebut saling menumpuk dan saling menutupi sehingga tentunya area desktop pun menjadi tertutup.

Kemudian, jika kita ingin berpindah ke area desktop mungkin untuk mencari shortcut dari aplikasi yang akan dibuka lagi, tentu akan memerlukan waktu yang agak lama untuk mengecilkan jendela – jendela aplikasi tersebut satu per satu sampai area desktop terlihat.

Microsoft Windows sendiri sebenarnya menyediakan fitur – fitur untuk dapat berpindah ke area desktop secara cepat tanpa harus menutup atau memperkecil jendela dari aplikasi tersebut. Adapun untuk caranya yaitu :

Dengan klik garis vertikal yang ada di sebelah paling kanan dari taskbar

Pada sebelah paling kanan dari taskbar, terdapat garis vertikal. Apabila garis vertikal ini kita klik maka secara langsung akan menampilkan area desktop, dimana semua jendela aplikasi akan langsung diperkecil ke taskbar.


Melalui menu cepat taskbar

Yaitu dengan cara klik kanan pada taskbar di area yang kosong, lalu pada pilihan perintah yang tampil klik “Show the desktop”.


Melalui tombol cepat pada keyboard

Cara lain yaitu dengan menggunakan tombol pada keyboard, dimana untuk langsung menampilkan area desktop, cukup dengan tekan tombol Windows + D, maka secara otomatis area desktop akan langsung ditampilkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments