Thursday, September 24, 2020

Cara cek kapasitas kosong harddisk di Windows 10

Kapasitas harddisk merupakan salah satu factor yang menentukan kinerja sebuah PC, jika kapasitasnya tinggal sedikit maka sudah tentu kecepatannya juga akan mengalami penurunan. Oleh karena itu kita harus rajin mengeceknya secara berkala.

Bila kita memiliki harddisk dengan kapasitas 500 GB, tentu kita akan merasa kapasitas tersebut sudah cukup besar, namun seiring berjalannya waktu, kapasitas tersebut semakin lama semakin habis. Karena tentunya kita pasti menginstall berbagai macam aplikasi serta sering menyimpan file – file seperti film, musik, gambar, serta file – file lain, apalagi jika file tersebut berukuran besar, tentu kapasitasnya akan lebih cepat habis. Oleh karena itu, meskipun harddisk yang terpasang pada komputer kita memiliki kapasitas yang besar, kita juga harus tetap bijak dalam menggunakannya, jangan sampai kapasitasnya menipis sehingga mengganggu kinerja dari komputer kita.

Di Windows 10, kita bisa cek kapasitas harddisk, dengan tujuan untuk memeriksa ruang kosong yang tersisa agar kita bisa lebih bijak dalam penggunaan harddisk. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut :

1. Melalui File Explorer

Untuk mengecek kapasitas harddisk melalui file explorer, terlebih dahulu kita buka file explorer, bisa menggunakan tombol cepat keyboard dengan menekan tombol Windows + E, kemudian pada jendela File Explorer , klik “This PC”, pada panel sebelah kanan terlihar progress bar yang memberikan tampilan kapasitas harddisk secara visual.


2. Melalui Windows Setting

Kita juga bisa cek melalui fitur Windows Setting, untuk caranya yaitu klik tombol Start kemudian klik menu Settings.


Kemudian pada jendela Windows Settings, pilih System (Display, sound, notification power).

Kemudian pada jendela Settings, pada panel sebelah kiri klik menu Storage, pada panel sebelah kanan, tampak kapasitas dan ruang kosong pada drive C, apabila ingin mengetahui drive lain, bisa klik menu “View storage usage on other drives”.


Akan tampil kapasitas drive lain, seperti tampak di bawah. Klik pada salah satu Drive untuk melihat detail dari kategori file – file yang tersimpan pada drive tersebut.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments