Friday, September 11, 2020

Merubah kapasitas maksimum dari Recycle Bin di Windows 10

 Ketika kita menghapus sebuah file, sebenarnya file tersebut tidak benar – benar terhapus, akan tetapi ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin. Keberadaan Recycle Bin berfungsi sebagai penyimpanan sementara, sehingga apabila data tersebut ternyata masih dibutuhkan, kita masih bisa mengembalikannya lagi ke lokasi semula.

Recycle Bin akan menyimpan file – file yang telah dihapus sampai batas maksimalnya tercapai, apabila sudah mencapai batas maksimal, maka file yang telah dihapus sebelumnya atau file serta folder lama akan dihapus secara permanen untuk memberikan ruang kosong pada file atau folder selanjutnya yang dihapus.

Apabila ternyata kita tetap ingin menyimpan file – file tersebut di recycle bin agar tidak dihapus secara permanen, kita juga mengubah kapasitas maksimal dari recycle bin menjadi lebih besar lagi. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan pada ikon Recycle Bin pada desktop, kemudian pilih properties.

  2. Pada jendela Recycle Bin Properties, kita bisa pilih salah satu Drive dari Recycle Bin, dapat kita lihat bahwa batas maksimal Recycle Bin dari drive C adalah 12042 MB. Untuk dapat mengubah batas maksimalnya, di bagian Settings for selected location, pilih Custom Size, ubah nilai tersebut sesuai dengan keinginan.

  3. Setelah itu klik tombol Apply kemudian klik OK.
  4. Untuk dapat mengubah Recycle Bin dari drive lain, silahkan bisa ulangi langkah di atas.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments