Friday, September 25, 2020

Cara menyeleksi atau memilih banyak file atau folder di Windows

Menyeleksi atau blok file merupakan salah satu fungsi dasar ketika kita sedang menggunakan komputer. Pada Sistem Operasi Windows, kita akan dapat melihat dengan mudah file mana saja yang terseleksi dan yang tidak terseleksi. Dengan menyeleksi atau blok suatu file atau folder,  maka kita akan dapat mudah melakukan operasi pada file atau folder tersebut, seperti memindahkannya ke lokasi lain, menyalin, mengganti nama atau bahkan menghapus file atau folder tersebut.

Ada beberapa cari untuk menyeleksi file atau folder. Sebenarnya, menyeleksi file atau folder bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun, dengan cara menyeleksi yang cepat tentu akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat pula, sehingga kita segera beralih ke pekerjaan selanjutnya.

1. Menyeleksi / blok semua file atau folder di dalam suatu folder

Untuk menyeleksi semua file dan folder, kita bisa menggunakan fitur Select pada Windows Explorer. Untuk caranya yaitu kita klik tab “Home”, kemudian pada sebelah kanan, klik menu “Select All”.


Untuk cara cepat menggunakan keyboard tekan tombol “Ctrl + A”.

2. Menyeleksi / blok file atau folder secara berurutan

Caranya yaitu bisa dengan cara klik dan drag, yaitu klik mouse, jangan dilepas, kemudian arahkan (drag) ke arah file – file atau folder yang ingin diblok atau diseleksi.


Cara lain yaitu klik pada file atau folder pertama yang ingin diseleksi, kemudian tekan tombol “Shift” pada keyboard, lalu klik file atau folder terakhir.

3. Menyeleksi / blok file atau folder tidak secara berurutan

Untuk menyeleksi beberapa file atau folder yang tidak berurutan, kita bisa lakukan dengan klik pada file atau folder pertama, kemudian tekan tombol “Ctrl”, lalu klik file atau folder lainnya sampai semua file atau folder yang diinginkan terseleksi.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments