Monday, September 7, 2020

Cara berpindah tab di browser menggunakan tombol – tombol cepat pada keyboard

Browser atau web browser merupakan suatu program aplikasi yang hampir pasti selalu ada pada sebuah komputer, hal ini dikarenakan setiap orang pengguna pasti sering berselancar di dunia maya, baik hanya untuk sekedar browsing, mencari informasi di internet, bersosial media, streaming video atau film, dimana semua itu dilakukan dengan menggunakan sebuah browser. Ada cukup banyak pilihan browser yang bisa kita gunakan untuk membuka suatu halaman website.

Ketika kita sedang browsing  - browsing, sering kali kita tidak cukup hanya membuka dua atau tiga tab pada browser, bisa lebih dari sepuluh, atau bahkan sampai browsernya tidak cukup untuk menampilkan semua tab pada bagian atas. Untuk beralih tab, kita pasti menggunakan mouse, yaitu dengan mengeklik tab yang dibutuhkan.

Namun, ketika kita ingin beralih tab dengan cepat tentu menggunakan mouse membutuhkan waktu lagi, karena harus tangan harus berpindah – pindah antara mouse dengan keyboard, alangkah lebih baik dan lebih cepat jika kita menggunakan kombinasi tombol – tombol keyboard untuk berpindah tab. Tombol – tombol perintah kombinasi keyboard bisa digunakan pada hampir semua keyboard, karena secara umum fungsinya sama.


Berikut adalah beberapa kombinasi tombol – tombol pada keyboard yang bisa kita gunakan untuk beralih tab :

  • Tombol Ctrl + Tab atau tombol Ctrl + Page Down, apabila ingin berpindah tab dari kiri ke kanan
  • Tombol Ctrl + Shift + Tab atau tombol Ctrl + Page Up, apabila ingin berpindah tab dari kanan ke kiri
  • Tombol Ctrl + angka 1 s/d 8, berfungsi untuk berpindah ke tab tertentu sesuai dengan angka yang ditekan, misal untuk berpindah ke tab 2, maka bisa ditekan kombinasi tombol Ctrl + 2, untuk berpindah ke tab 7 maka bisa ditekan tombol Ctrl + 7. Namun kombinasi ini hanya untuk berpindah maksimal sampai tab 8 saja, meskipun tab yang kita buka lebih dari 8.
  • Tombol Ctrl + 9, berfungsi untuk berpindah ke tab yang terakhir.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments