Thursday, September 24, 2020

Cara Mengetahui jumlah file dan folder di media penyimpanan di Windows 10

Ketika kita menggunakan suatu komputer, terkadang kita tidak memperhatikan jumlah file dan folder yang sudah tersimpan pada komputer tersebut, baik yang kita buat sendiri, maupun mungkin didapat dari orang lain.

Folder atau direktori pada Windows merupakan tempat menyimpan file atau folder – folder lain, dimana seiring dengan lamanya waktu penggunaan maka file – file atau folder – folder tersebut tentu akan semakin banyak, mungkin jumlah dari folder atau file tersebut tidak perlu kita ketahui jumlahnya, kemungkinan yang perlu kita ketahui adalah kapasitas atau besarnya file tersebut. Namun ada saatnya jumlah dari file dan folder tersebut perlu kita ketahui secara pasti, apakah berkaitan dengan pekerjaan, atau mungkin karena keperluan lainnya.

Di Microsoft Windows terdapat beberapa cara untuk mengetahui jumlah file dan folder yang ada pada komputer kita, untuk caranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan File Explorer

Secara default, pada File Explorer, folder akan ditampilkan pada bagian atas, kemudian untuk file – file akan terletak di bagian bawahnya. Untuk mengetahui jumlah file atau folder, kita cukup dengan block atau seleksi file dan folder tersebut, kemudian untuk jumlahnya akan ditampilkan pada bagian bawah.


Melalui fitur Properties Folder

Untuk mengetahui jumlah file dan folder kita juga bisa menggunakan fitur Properties folder, jika menggunakan fitur Properties, maka kita juga bisa mengetahui jumlah total semuanya, termasuk folder dan sub folder yang ada didalamnya. Untuk caranya yaitu klik kanan pada folder atau direktori yang ingin kita ketahui jumlah foldernya, kemudian pilih menu Properties.


Pada kotak dialog properties dari folder tersebut, pada tab General di label Contains akan tampil jumlah dari file dan folder tersebut.


Menggunakan Command Prompt

Selain cara di atas, kita juga bisa menggunakan Command Prompt agar mengetahui jumlah file dan folder secara keseluruhan, hanya saja kita juga memiliki pengetahuan mengenai  perintah – perintas dasar yang harus digunakan, dimana kita harus masuk terlebih dahulu ke dalam direktori dari jumlah file atau folder yang ingin kita ketahui jumlahnya.

Pada contoh, kita akan mencoba mengetahui jumlah file dan folder yang ada di folder “SERIAL”, dimana folder “SERIAL” ini ada di drive E:.

Terlebih dahulu kita akan berpindah dari drive C: ke drive E:, kemudian masuk ke folder “SERIAL”. Setelah berhasil masuk ke folder serial, kita ketik perintah  “dir *.* /w /s” 


kemudian tekan tombol Enter.

Jumlah file dan folder dapat terlihat seperti pada gambar di atas.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments