Saturday, September 26, 2020

Cara mengganti aplikasi peramban atau browser default di Windows 10

Browser merupakan suatu aplikasi yang bisa dibilang penting bagi para pengguna komputer, karena dengan browser kita bisa berhubungan dengan dunia maya, seperti untuk browsing, bermain sosial media, mencari informasi dan untuk keperluan lainnya.

Di Windows 10, browser defaultnya adalah Microsoft Edge, namun terkadang sebagai browser default dan browser bawaan, fitur – fitur yang dimiliki oleh Microsoft Edge masih cukup terbatas, oleh karena itu banyak sekali pengguna komputer tidak menggunakan browser Microsoft Edge untuk berhubungan dengan dunia maya, melainkan menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox atau mungkin Google Chrome.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, browser default di Windows 10 adalah Microsoft Edge, sehingga ketika kita membuka suatu link atau tautan di email atau tindakan – tindakan lain yang berhubungan dengan browser maka secara otomatis Windows akan membuka browser Microsoft Edge.

Namun, kita juga bisa melakukan pengaturan agar Microsoft Edge tidak lagi menjadi browser default pada komputer kita, melainkan browser lain yang kita kehendaki, seperti misalnya Mozilla Firefox, adapun untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start Menu yang ada pada bagian pojok kiri, kemudian klik menu Setting. Untuk cara cepatnya, kita juga bisa gunakan tombol keyboard “Windows + I”.

  2. Setelah tampil jendela Settings, pilih menu Apps (Uninstall, defaults, optional, features).

  3. Kemudian di jendela Settings – Apps, klik menu Default Apps, gulung atau scroll ke bawah sampai ketemu bagian Web browser.

  4. Tampak bahwa aplikasi default untuk Web browser adalah Microsoft Edge, klik pada Microsoft Edge, kemudian pilih browser lain yang diinginkan sebagai default, seperti misalnya Mozilla Firefox.

  5. Setelah di klik, tampak bahwa default aplikasi untuk web browser sudah berubah dari Microsoft Edge menjadi Mozilla Firefox.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments