Saturday, October 17, 2020

Cara membersihkan thumbnail cache di Windows 10

Ketika kita membuka suatu folder, kita akan melihat tampilan yang berupa gambar kecil dari file – file, baik itu file dokumen, gambar, atau bahkan video. Tampilan ini disebut dengan thumbnail, dimana thumbnail ini memberikan gambaran mengenai file yang kita punya sebelum kita buka.

Windows menyimpan cache dari thumbnail tersebut di cache database dan membentuk file bernama thumbs.db pada Windows 7, sedangkan untuk Windows 8 dan di atasnya filenya adalah thumbcache_xxx.db. Pada dasarnya, file cache ini tersembunyi / tidak tampil, namun tentunya jika kita mengubah pengaturannya agar menampilkan file dan folder yang tersembunyi, maka file ini akan tampil.

Semakin lama, thumbnail tersebut akan terus berkembang, seiring dengan banyaknya folder dan file yang kita buat. Namun, ada kalanya, thumbnail dari file tersebut tidak tampil dengan benar, seperti misalnya thumbnail file gambar kita tampil abu – abu, padahal sebenarnya berwarna. Hal ini bisa saja disebabkan karena cache database rusak atau corrupt.

Untuk mengatasinya, kita bisa menghapus atau membersihkan file cache thumbnail tersebut. Cache thumbnail dibuat secara otomatis, jadi walaupun dihapus, tidak akan mengakibatkan masalah pada Windows.

Untuk menghapus cache thumbnail pada Windows, kita bisa lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka kotak dialog Run terlebih dahulu, bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + R, kemudian pada kotak dialog yang tampil ketik “cleanmgr.exe” lalu tekan tombol “Enter”.

  2. Selanjutnya tampil kotak dialog “Disk Cleanup : Drive Selection”, pastikan drive C yang terpilih, kemudian klik tombol “OK”.

  3. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Disk Cleanup, dimana tampil proses loading dari file – file yang perlu untuk dibersihkan.

  4. Kemudian pada kotak dialog Disk Cleanup, tampil daftar file – file yang perlu untuk dihapus, untuk menghapus “Thumbnail” hilangkan tanda centang pada semua daftar file, kecuali Thumbnail, kemudian klik tombol “OK”.

  5. Akan tampil kotak konfirmasi untuk menghapus file, klik tombol “Delete Files”.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments