Saturday, October 10, 2020

Beberapa cara untuk mengunci layar komputer di Windows 10

Pada umumnya, untuk menunjang pekerjaan kita, kita pasti diberi sebuah komputer untuk dapat kita pergunakan sehari – hari. Sebagai penunjang dalam bekerja, tentu terdapat data – data penting pada komputer tersebut, sehingga kerahasiaan dan keamanan  data harus selalu terjaga. Karena di lingkungan kerja, pastilah terdapat banyak orang,  sehingga alangkah lebih baiknya jika kita melakukan langkah – langkah antisipasi, sehingga jika meninggalkan ruangan atau meja kerja sebaiknya komputer dimatikan

terlebih dahulu. Namun, langkah tersebut mungkin kurang efektif karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyalakannya kembali, oleh sebab itu jika komputer ditinggalkan tidak dalam waktu yang lama, layar komputer sebaiknya dikunci atau lock.

Ada beberapa cara untuk mengunci layar komputer, diantaranya yaitu :

1.    Menggunakan tombol keyboard Ctrl + Alt+ Del

Terlebih dahulu tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersama – sama, kemudian pada pilihan perintah yang tampil, klik Lock.

2.    Menggunakan tombol keyboard Windows + L

Kemudian kita juga bisa menggunakan kombinasi tombol Windows dan tombol L yang ditekan secara bersamaan.

3.    Menggunakan fitur pada tombol Start Windows

Klik tombol Start terlebih dahulu yang terletak pada pojok kiri bawah, kemudian pada klik Icon User yang sedang aktif, untuk menampilkan perintah lanjutan, selanjutnya, pilih Lock untuk mengunci layar.


4.    Membuat shortcut

Selanjutnya, kita juga bisa membuat shortcut yang kita letakkan di keyboard, sehingga ketika shortcut tersebut di double klik, maka layar komputer akan langsung terkunci. Untuk membuatnya, terlebih dahulu kita klik kanan area desktop komputer, untuk menampilkan daftar perintah cepat, lalu pilihan perintah tersebut, klik “New” lalu “Shortcut”.


Kemudian pada kotak dialog yang tampil, ketikkan C:\Windows\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation,lalu klik tombol “Next”.


Pada kotak doalog selanjutnya beri nama shortcut tersebut, Lock Windows, setelah itu klik tombol Finish.

Berikut adalah penampakan dari shortcut yang telah kita buat, cukup di-double klik shortcut tersebut maka layar komputer akan langsung terkunci.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments