Tuesday, October 13, 2020

Cara mengetahui waktu kapan Microsoft Windows terinstall di komputer

Seiring dengan berjalannya waktu, pasti suat komputer akan mengalami penurunan performa yang ditandai dengan lambatnya kinerja komputer tersebut, baik karena hardwarenya yang sudah mulai aus, atau mungkin karena softwarenya, terutama Sistem Operasi yang digunakan.

Dari sisi software, bisa jadi dikarenakan adanya registry yang rusak (corrupted), banyaknya file – file sampah, tidak rutin melakukan disk clean up, sering menginstall atau menguninstall program, serta bisa juga tidak pernah melakukan defragment harddisk.

Apabila waktu install Windows atau Sistem Operasinya sudah cukup lama, akan lebih baik jika komputer tersebut diinstall ulang. Microsoft Windows memberikan fitur untuk mengetahui kapan Sistem Operasi Windows tersebut terinstall pada komputer kita. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka kotak dialog “run”. Untuk caranya yaitu bisa menekan tombol keyboard Windows + R.  Kemudian pada kotak dialog yang tampil ketik “cmd” lalu tekan tombol Enter.

  2. Akan tampil jendela command prompt, selanjutnya ketikkan : systeminfo.exe. Selanjutnya proses akan berjalan dan loading beberapa saat.

  3. Setelah itu akan tampil informasi mengenai komputer kita, salah satunya adalah kapan sistem Operasi Windows terinstall di komputer kita.

  4. Perintah lain yaitu dengan hanya menampilkan waktu sistem operasi Windows terintall dengan tidak menampilkan informasi lain yaitu dengan mengetik perintah : systeminfo.exe | find “Original Install Date”. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut:

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments