Saturday, October 10, 2020

Cara mengetahui aplikasi yang terinstall pada komputer adalah 32 bit atau 64 bit

Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang bisa dibilang paling banyak digunakan saat ini, selain karena fitur – fiturnya yang semakin lengkap juga mudah dalam penggunaannya. Ada dua versi Windows yang saat ini digunakan, yakni 32-bit dan 64-bit, pengguna versi yang 64-bit juga semakin banyak. Beberapa aplikasi seperti Google Chrome juga sudah menyediakan versi 64-bit.

Salah satu perbedaan mendasar dari kedua versi ini adalah, jika kita menggunakan Windows versi 32-bit, maka kita hanya bisa menginstall program aplikasi versi 32-bit saja, akan tetapi, jika kita menggunakan Windows yang versi 64-bit maka kita tidak hanya bisa menginstall aplikasi versi 64-bit saja, melainkan aplikasi versi 32-bit juga dapat kita install.

Ketika sering digunakan, maka lambat laun pasti akan banyak sekali terinstall aplikasi pada komputer kita. Jika kita pengguna Windows 32-bit, pasti aplikasi yang terinstall juga versinya 32-bit. Namun, jika kita menggunakan Windows versi 64-bit maka aplikasi yang terinstall bisa versi 32-bit atau bisa juga 64-bit.

Kita juga bisa mengetahui aplikasi mana sajakah yang termasuk versi 32-bit atau yang 64-bit, untuk caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu kita buka Task Manager terlebih dahulu.
  2. Jika masih dalam mode ringkas, bisa klik “More details”.

  3. Setelah itu, tampilan akan berubah lebih detail dan tab yang aktif adalah “Processes”.

  4. Selanjutnya klik tab Details, lalu klik kanan pada baris judul untuk menampilkan perintah cepat, lalu pilih “Select Columns”.

  5. Pada jendela Select Columns, gulung ke bawah cari bagian “Platform”, lalu beri ceklis pada checkbox disebelahnya. Selanjutnya klik “OK”.

  6. Pada kolom baru yang sudah kita tambahkan tadi yaitu kolom “Platform”, dapat terlihat aplikasi versi dari aplikasi tersebut, 32-bit atau 64-bit.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments