Thursday, October 22, 2020

Cara menyembunyikan (hidden) suatu file atau folder di Windows 10

Bagi pengguna komputer, khususnya yang menggunakan Sistem Operasi Windows, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Folder. Folder merupakan tempat untuk menyimpan file, folder lain, atau bisa juga file – file program. Ketika kita membuat sebuah folder baru, maka folder tersebut akan terlihat. Selain folder – folder tersebut yang dapat kita lihat, sebenarnya terdapat juga folder – folder

yang memang sengaja disembunyikan oleh Windows, biasanya folder – folder tersebut berisi file – file system agar lebih aman dan tidak mudah diakses, karena apabila mudah diakses bisa saja secara sengaja menjadi terhapus sehingga bisa menyebabkan masalah atau bahkan error.

Selain itu, Microsoft Windows juga memberikan fitur untuk para penggunanya agar bisa menyembunyikan folder yang dibuat oleh pengguna agar tidak bisa diakses oleh orang lain, karena mungkin saja folder tersebut berisi file – file penting.

Adapun langkah – langkah untuk membuat folder menjadi tidak terlihat atau tersembunyi adalah sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu kita tentukan folder mana yang ingin disembunyikan, bisa juga kita membuat dahulu folder baru.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada folder tersebut, untuk menampilkan daftar perintah cepat, lalu pilih “Properties”.

  3. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Properties dari folder tersebut. Pada tab “General”, di bagian Attributes, kosongkan tanda centang pada bagian “Read-only”, lalu beri tanda centang pada bagian “Hidden”, selanjutnya klik tombol “Apply”.

  4. Selanjutnya akan tampil kotak dialog “Confirm Attributes Changes”. Beri tanda pada bagian “Apply changes to this folder, subfolders and files”. Lalu klik tombol “OK”.
  5. Maka akan kembali ke kotak dialog Properties lagi, selanjutnya diakhiri dengan klik tombol “OK”.

  6. Maka folder tadi sudah tidak terlihat lagi.
  7. Untuk bisa menampilkkanya, semisal kita ingin membuka file dari folder tersebut, maka di “File Explorer” klik tab “View, klik menu “Option” lalu “Change folder and search option”.

  8. Akan tampil kotak dialog “Folder Option”, lalu klik tab “View”, di bagian Advance settings, beri tanda pada bulatan / radio button di bagian “Show hidden files, folders, and drives”, lalu klik tombol “Apply” serta diakhiri tombol “OK”.

  9. Sekarang folder yang tadi kita sembunyikan sudah dapat kita lihat, namun dengan icon folder yang samar – samar, berbeda dari yang lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments