Tuesday, October 27, 2020

Langkah – langkah untuk menyembunyikan dan menampilkan kembali teks pada Microsoft Word

Dalam membuat sebuah dokumen dalam Microsoft Word, ada kalanya ada beberapa bagian teks dari dokumen tersebut tidak ingin diketahui diketahui oleh orang lain, sehingga harus kita sembunyikan, mungkin karena tidak ingin dicontoh atau mungkin ada sebab lain.

Microsoft Word memberikan sebuah cara untuk dapat menyembunyikan bagian – bagian teks tersebut, dimana spasi pada rangkaian teks yang disembunyikan juga dapat disembunyikan, sehingga seolah – olah teks tersebut tidak pernah diketik. Namun, apabila dibutuhkan, teks tersebut juga dapat ditampilkan kembali.

Adapun untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Misalkan kita punya rangkaian teks seperti di bawah ini.

  2. Blok teks yang akan disembunyikan, bisa kata, kalimat atau bahkan paragraf. Kali ini kita akan menyembunyikan paragraf ketiga.

  3. Setelah diblok, klik kanan pada paragraf tersebut untuk menampilkan perintah cepat, kemudian pilih “Font”.

  4. Pada kotak dialog Font yang tampil, pada tab Font, beri tanda centang pada bagian menu “Hidden”, kemudian klik tombol “OK”.

  5. Dapat kita lihat pada gambar di bawah bahwa teks yang tadi kita pilih sudah tidak tampil lagi.

Untuk dapat mengembalikan teks tersebut agar bisa ditampilkan kembali, kita bisa lakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Blok teks yang terletak di antara teks yang tadi disembunyikan, untuk mudahnya bisa kita blok keseluruhan, yaitu bisa dengan tekan tombol keyboard “Ctrl +A”.

  2. Setelah diblok, klik kanan pada paragraf tersebut untuk menampilkan perintah cepat, kemudian pilih “Font”.

  3. Pada kotak dialog Font yang tampil, pada tab Font, hilangkan tanda centang pada bagian menu “Hidden”, kemudian klik tombol “OK”.

  4. Dapat kita lihat pada gambar di bawah bahwa teks yang tadi kita sembunyikan telah dapat tampil kembali.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments