Saturday, October 17, 2020

Cara membuat agar Windows 10 tidak melakukan pembaruan / update secara otomatis

Sebenarnya update Sistem Operasi khususnya di Windows 10 merupakan suatu keharusan, hal ini dikarenakan dengan update Sistem Operasi makan Windows 10 akan menyempurnakan fitur – fitur yang ada sebelumnya, seperti memperbaiki masalah keamanan yang mungkin masih ada celah, atau mungkin juga dukungan terhadap perangkat keras terbaru.

Meskipun sangat penting, terkadang kita ingin agar Windows 10 tidak melakukan update secara otomatis, hal ini mungkin dikarenakan keterbatasan akses kuota internet yang kita miliki, karena pada umumnya file update Windows 10 sangat besar, sehingga menghabiskan kuota internet.

Tidak seperti pada versi Windows sebelumnya, yang sangat dengan mudah kita bisa mengatur penghentian update secara otomatis, di Windows 10 ini, Microsoft menghilangkan fitur cara menghentikan update otomatis.

Namun, apabila ditelisik lagi, sebenarnya masih ada cara untuk menghentikan update secara otomatis. Walaupun sebenarnya sangat tidak dianjurkan, mungkin karena keterbatasan kuota internet. Namun jika ingin fitur ini dinormalkan lagi di lain waktu, kita bisa mengembalikannya lagi ke pengaturan semula.

Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik menu pencarian, kemudian ketikkan “Service”, lalu klik pada hasil pencarian yang ditemukan.

  2. Selanjutnya akan tampil jendela “Services” dan kita akan menemukan berbagai menu yang ada, gulung ke bawah sampai menemukan “Windows Update”. Kemudian klik kanan, pada perintah cepat yang ditampilkan pilih “Properties”.

  3. Selanjutnya pada jendela “Windows Update Properties (Local Computer)”, pada tab General, di bagian Service Status klik tombol “Stop”. Lalu pada Startup Type, klik dropdown menu, lalu pilih “disable”, kemudian . Lalu klik tombol “Apply”, untuk memberlakukan perubahan yang sudah diatur.

  4. Kemudian diakhiri dengan tombol “OK”.

Demikian pengaturan yang perlu dilakukan agar  Windows 10 kita tidak melakukan update sistem secara otomatis, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments