Friday, December 7, 2018

Cara Defragment Harddisk dengan Fitur Bawaan Windows

Untuk mendapatkan performa yang maksimal dari sebuah komputer, tentu komputer tersebut memerlukan perawatan yang rutin, apalagi kalau komputer tersebut digunakan secara terus - menerus dan tanpa henti, tentu sangat normal apabila menunjukkan indikasi penurunan performa.
Sering kali disebabkan oleh banyaknya kegiatan yang kita lakukan, seperti menginstall program, kemudian menghapus program, membuat serta menghapus dokumen, atau kegiatan - kegiatan lainnya. Kegiatan - kegiatan tersebut menyebabkan terjadinya perpecahan file di dalam harddisk, dimana lokasi file terkadang ada yang menetap. Dalam proses pencarian atau pembacaan data, komputer akan mencari data sampai data tersebut ditemukan, namun terkadang, akibat terjadinya pecahan file - file atau fragmen - fragmen tersebut atau berpindahnya lokasi fragmen file di dalam harddisk sehingga menyebabkan waktu yang lebih lama dalam melakukan proses pencarian.
Untuk itu, salah satu cara untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengembalikan pecahan - pecahan tersebut ke lokasi asalnya, hal ini biasa disebut dengan defragmen harddisk.
Dengan melakukan defragment harddisk secara berkala, maka fragmen - fragmen yang terbentuk dapat diperbaiki dan dirapikan kembali sesuai dengan lokasi asalnya, sehingga ketika melakukan pencarian data dapat berjalan secara optimal.

Untuk melakukan defragment harddisk, kita bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows, adapun untuk caranya yaitu :

1.     Klik tombol start lalu pada ikon search atau cari pada taskbar > ketik defragment pada kolom pencarian > lalu pilih aplikasi desktop Disk Defragment


2.       Maka akan tampil seperti berikut yang menunjukkan status dari Drive kita,
pilih semua drive lalu klik Analize disks. Maka proses analize akan berjalan lalu lihat keterangan pada last run, tunggu sampai prosesnya selesai.

3.       Selanjutnya untuk melakukan defragment, silahkan klik drive yang akan didefragment lalu klik Defragment Disk, tunggu sampai prosesnya selesai.

4.       Kita juga dapat mengubah pengaturan terkait jadwal defrag pada komputer kita dengan cara pilih Configure Schedule

5.       Selanjutnya silakan pilih jadwal pada bagian Frequency yaitu daily (harian), weekly (mingguan), dan monthly (bulanan). 

      Setelah itu pilih Drives yang ingin dilakukan defrag sesuai dengan jadwal dengan klik pada tombol Select Disks (seperti gambar di atas)
      Kita dapat memilih salah satu drive maupun semua drive pada komputer. Jika telah selesai melakukan pengaturan, silakan tekan OK.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments