Monday, December 10, 2018

Mengubah file Presentasi PowerPoint menjadi video


Ketika akan membuat file presentasi, maka secara tidak langsung fikiran kita akan tertuju pada Microsoft Office Power Point, karena aplikasi inilah yang sering kali kita gunakan dalam membuat presentasi, hal ini dikarenakan Powerpoint memiliki fitur - fitur yang sangat lengkap, sehingga kita menyisipkan teks, video, audio serta gambar ke dalam presentasi yang kita buat.

Dengan menggunakan Powerpoint, kita juga bisa mengatur durasi dari setiap slide, sehingga akan terlihat seperti video. Akan tetapi, disamping berbentuk slide - slide, Powerpoint juga dapat membuat file presentasi menjadi sebuah video.
Adapun langkah - langkahnya bisa disimak di bawah ini :
1.    Terlebih dahulu, kita buka  file presentasi powerpointnya (PPT)

2.    Selanjutnya, klik ribbon menu File, pilih Save & Send > Create a Video seperti gambar berikut.

3.    Selanjutnya, kita atur kualitas video dan durasi yang dibutuhkan untuk perpindahan dari slide satu ke slide berikutnya. Untuk kualitas video, terdapat 3 pilihan yang dapat pilih, yaitu

Computer & HD Displays
Ukuran file besar dan kualitas tingkat tinggi
Internet & DVD
Ukuran file sedang dan kualitas menengah
Portable Devices
Ukuran file terkecil dan kualitas rendah

Waktu standar tiap slide adalah 5 detik. Untuk mengubahnya, di sebelah kanan Detik yang dibutuhkan tiap slide, klik panah atas untuk menambah, atau panah bawah untuk mengurangi jumlah detik durasinya.
Pada contoh ini, kita akan memilih resolusi Internet & DVD dan durasi transisi slide selama 6 detik. Setelah selasai melakukan pengaturan, selanjutnya klik Create Video.

4.    Akan muncul jendela penyimpanan video seperti tampak pada gambar. Pada kolom File name, isikan nama video yang akan kita buat, selanjutnya klik Save untuk menyimpan video.

5.    Selanjutnya, Powerpoint akan mulai memproses file presentasi tersebut menjadi video. Lama waktu pemrosesan bergantung pada banyaknya slide yang ada di dalamnya. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Demikian cara untuk merubah file presentasi Powerpoint menjadi sebuah video, namun yang harus diperhatikan semua elemen dalam presentasi seperti animasi, audio, video, gambar serta elemen lain harus sudah dimasukkan dan dipastikan sesuai sesuai dengan kebutuhan, sebab elemen - elemen tersebut akan ditampilkan ke dalam video.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments