Thursday, December 20, 2018

Membuat titik - titik daftar isi secara otomatis di Microsoft Word

Daftar isi merupakan sebuah halaman yang bisa dibilang penting dalam sebuah buku, proposal, atau karya tulis lainnya. Karena pada sebuah daftar isi berisi petunjuk nomor - nomor lokasi halaman dari topik - topik yang merupakan isi sebuah buku atau karya tulis lainnya.
Ketika membuat daftar ini, biasanya di antara judul topik dan nomor halaman pasti dipisahkan oleh tanda titik yang banyak. Apabila kita membuat titik - titik tersebut secara manual menggunakan
tombol titik yang pada keyboard pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dan hasilnya pasti tidak rapi. Sebetulnya Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk membuat titik - titik tersebut secara mudah dan otomatis, namun harus ditempuh dengan beberapa langkah. Berikut caranya :


1. Terlebih dahulu, buat halaman daftar isi pada Microsoft Word. Setelah sudah lengkap, lalu, blok semua tulisannya seperti pada gambar dibawah ini.

2. Lalu, klik kanan pada tulisannya, dan pilih menu “Paragraph”. Seperti pada gambar dibawah ini.

4. Kemudian klik tombol “Tabs”. Seperti pada gambar dibawah ini.

5. Pada bagian ini kita atur “Tab stop position” yaitu lokasi dimana titik - titik tersebut berhenti. Pada contoh ini kita buat lebarnya 14. Kemudian, untuk menu Default tab stops kita biarkan sesuai default. Untuk Aligment, kita pilih “Right” agar titik – titik menjadi rata kanan. Lalu, pada bagian Leader, kita set menjadi “2”. Selanjutnya, klik tombol “Set”. Selanjutnya jika sudah diatur semua klik “Ok”. Seperti pada gambar dibawah ini.

6. Selanjutnya, taruh kursor pada sebelah kanan tulisan seperti pada gambar, lalu tekan tombol Tab dan beri nomor halaman sesuai dengan isi buku atau karya yang akan kita buat.

7. Hasil lengkapnya akan tampak seperti berikut, dimana setelah tombol tab ditekan, maka titik - titik tersebut akan langsung tercetak.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments