Monday, December 3, 2018

Cara mengetahui versi BIOS pada Windows



BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa assembly yang berfungsi untuk mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer.
Sebagai pengguna, kita perlu mengetahui versi dari BIOS yang digunakan, hal ini menjadi penting, salah satunya agar kita mudah dalam mengupdate BIOS, agar bisa dengan mudah menemukan versi BIOS terbaru dari situs pembuat motherboard kita. Apabila ketika komputer tidak mendeteksi adanya hardware baru yang terkoneksi, ada kemungkinan dikarenakan BIOS tidak mendukung hardware tersebut sehingga BIOS perlu diupdate. Untuk mengetahui versi BIOS, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut :

1.     Menggunakan System Information
Selain dapat menampilkan tipe motherboard, tool System Information atau MSINFO32 juga dapat menampilkan versi BIOS.Untuk membuka tools ini, kita bisa menggunakan fitur Windows Run, terlebih dahulu tekan Windows key+R pada keyboard sehingga Windows Run terbuka, Kemudian ketikkan msinfo32 pada kolom yang tersedia. Seperti gambar di bawah ini.

Lalu, akan muncul kotak dialog baru. Versi BIOS akan terlihat pada bagian BIOS Version / Date.


2.     Menggunakan Registry Editor
Untuk menampilkan jendela Registry Editor, kita bisa menggunakan fitur Windows Run, dengan cara ketik Winkey+R pada keyboard, lalu ketikkan regedit pada kolom yang tersedia, selanjutnya klik OK ataupun enter.




Setelah kota dialog Registry Editor muncul, ketikkan perintah \HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System pada kolom yang pencarian. Kemudian, tekan enter.
Versi BIOS akan tampak pada bagian SystemBiosVersi, seperti gambar di bawah ini.

3.     Menggunakan DirectX Diagnostic Tool
Untuk menampilkan jendela DirectX Diagnostic Tool (dxdiag), kita bisa menggunakan fitur Windows Run, dengan cara ketik Winkey+R pada keyboard, kemudian ketikkan dxdiag pada kolom yang tersedia, lalu klik OK ataupun enter.

Selanjutnya, kotak dialog DirectX Diagnostic Tool akan muncul. Versi BIOS akan terlihat pada bagian BIOS. Perhatikan gambar di bawah ini.

4.     Menggunakan Command Prompt (CMD)
Kita juga bisa menggunakan Command Prompt untuk melihat versi BIOS, untuk menampilkan jendela DirectX Diagnostic Tool (dxdiag), kita bisa menggunakan fitur Windows Run, dengan cara ketik Winkey+R pada keyboard, kemudian ketikkan cmd pada kolom yang tersedia, lalu klik OK ataupun enter.
Setelah jendela command prompt terbuka, selanjutnya ketikkan perintah wmic bios get biosversion pada cmd tersebut, lalu tekan Enter. Selanjutnya versi BIOS akan tampil pada cmd tersebut.
 Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments