Thursday, December 20, 2018

Mengatur label amplop surat menggunakan Microsoft Word


Amplop merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi sebuah organisasi atau instansi, karena diperlukan dalam menyampaikan undangan ataupun surat - surat penting. Desain amplop yang bagus dan rapi menunjukkan bahwa instansi tersebut terlihat profesional juga mencerminkan profesionalitas instansi tersebut.
Apabila cuma tulisan tangan tentu sangatlah kurang rapi, oleh karena itu kita
memerlukan bantuan komputer untuk membuat desain amplop yang baik dan rapi. Salah satu aplikasi yang mempunyai fitur untuk membuat desain amplop adalah Microsoft Word.
Untuk langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
Terlebih dahulu kita harus mendapatkan ukuran amplop yang akan dibuat . Setelah mendapatkan ukuran amplop, langkah selanjutnya adalah :
1. Buka aplikasi Microsoft Word.
2. Lalu, klik Ribbon “Mailings”.


3. Kemudian pilih “Envelopes”. 

4. Lalu, pada bagian “Delivery address” isi dengan alamat pengirim. Dan bagian “Return address”  isi dengan alamat tujuan.     

5. Selanjutnya klik menu “Options”. 

6. Akan tampil jendela Envelope Options. Pada menu Option ini, kita bisa mengatur desain amplop tersebut, seperti dimensi amplop, jenis huruf serta posisi tulisan alamat pengirim dan tujuan surat. Jika pengaturan sudah selesai, klik tab Printing Options untuk pengaturan selanjutnya.


7. Pada tab printing options, terdapat pengaturan posisi dari amplop tersebut agar sesuai ketika dicetak. Jika semua pengaturan sudah selesai, klik tombol “Ok”. 

8. Setelah itu, kembali ke awal yakni ke jendela Envelopes and Labels. Lalu klik “Add to document”

9. Kemudian, muncul notifikasi yang berisi pertanyaan mengenai alamat pengirim dan tujuan disimpan sebagai default. Jika bersedia, maka bisa klik "Yes", namun jika tidak maka klik "No".

10.  Maka akan tampil halaman amplop, dan siap untuk di print.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments