Friday, December 21, 2018

Menghilangkan Garis Merah pada Ketikan di Microsoft Word

Di saat kita sedang mengetik di Microsoft Word, sering kita melihat ada tanda garis merah di bawah huruf - huruf yang kita ketik. Sebenarnya, garis merah tersebut merupakan tanda yang diberikan oleh Microsoft Word bahwa kata - kata yang kita ketik tidak sesuai secara tata bahasa. Misalnya, kita mengetika kata - kata dalam bahasa Indonesia, maka pasti akan keluar tanda garis merah tersebut, sebab pada pengaturan regional dan language tidak kita ubah menjadi Bahasa Indonesia.

Secara default, Microsoft Word telah mengaktifkan pengoreksi pada tulisan Bahasa Inggris, sehingga kata - kata yang tidak menggunakan bahasa Inggris pasti dianggap salah oleh Microsoft Word karena tidak sesuai dengan spelling dan grammar dalam bahasa Inggris.
Sebagian dari kita mungkin terganggu dengan adanya tanda garis merah ini, walaupun hal ini sebenarnya merupakan fitur yang disediakan oleh Microsoft Word.
Tanda garis merah ini juga dapat kita hilangkan, untuk caranya adalah sebagai berikut :


1. Pada Microsoft Word, klik menu File.

2. Lalu klik Options
 
3. Kemudian akan muncul jendela Word Option, pada panel sebelah kiri klik menu Proofing, lalu pada panel di sebelah kanan, pada bagian When correcting spelling and grammar in Word, uncheck atau hilangkan ceklis pada Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type, setelah itu klik OK.
Kedua menu tersebut akan menonaktifkan pemeriksaan ejaan jika di uncheck.
4. Dapat kita lihat pada gambar di bawah, bahwa garis merah di bawah tulisan sudah tidak tampil lagi walaupun terdapat kesalahan pada spelling dan grammar.

Untuk mengaktifkan kembali fitur tersebut, kita bisa ceklis kembali bagian Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments