Friday, December 14, 2018

Cara mudah mengetahui IP Address pada komputer atau laptop


Setiap komputer atau laptop dalam jaringan internet pasti memiliki alamat keberadaan yang dikenal dengan IP Address, IP Address tiap komputer atau laptop berbeda – beda. IP Address berfungsi sebagai identifikasi perangkat yang tersambung ke jaringan, mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, serta melacak keberadaan perangkat tersebut. Atau dapat juga dikatakan sebagai jejak pengguna internet.
Untuk melihat IP Address dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah :

Cara 1: Dengan Command Prompt (CMD)
·       Untuk mengeluarkan jendela command prompt terlebih dahulu kita tekan tombol Windows + R, lalu pada menu yang keluar, ketikkan cmd kemudian tekan tombol enter. 

·      Setelah kotak dialog CMD tampil, ketik perintah ipconfig, kemudian tekan Enter

·       Koneksi komputer kita akan ditampilkan pada kotak dialog CMD, lengkap dengan IP Address-nya.

Cara 2: Dengan Menu Network Connections
·      Untuk dapat masuk ke Network Connection, bisa melalui Control Panel, yaitu klik tombol Start, lalu pilih Control Panel, selanjutnya pilih Network and Sharing Center. Atau bisa juga melalui menu Run, pada jendela Run ketika perintah ncpa.cpl lalu tekan Enter.

·      Lalu akan tampil koneksi internet pada komputer, pilih koneksi yang sedang aktif, bisa dilihat biasanya yang aktif memiliki indikator sinyal seperti gambar di bawah.
    
Selanjutnya klik kanan, pada pilihan menu yang tampil, klik Status.
·      Lalu akan tampil seperti gambar berikut, yang menunjukkan jenis koneksinya, durasi, kecepatan, kualitas sinyal dan info lainnya.

·      Klik menu Details.. untuk melihat informasi lanjutan, sehingga akan tampil jendela Network Connection Details seperti gambar berikut :
Ip Adress ditunjukkan oleh baris yang terdapat pada kotak hitam pada gambar di atas.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments