Thursday, December 20, 2018

Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal pada Microsoft Word

Ketika kita membuat sebuah karya, entah itu skripsi atau jenis tulisan lainnya, tentunya kita membutuhkan sumber tulisan dari ahli atau orang - orang yang dianggap memiliki pengetahuan lebih di bidang tersebut untuk dijadikan sebagai referensi. Daftar referensi ini biasa dituliskan pada bagian akhir sebuah karya yang kita buat, biasa disebut sebagai daftar pustaka.

Untuk menuliskan sebuah daftar pustaka tidak boleh sembarang sesuai keinginan kita, melainkan harus mengikuti aturan - aturan yang sudah ditentukan. Pada umumnya, daftar pustaka berisi nama penulis, tahun terbit, judul karya, data penerbit, serta lokasi penerbit.
Untuk membuat daftar pustaka menggunakan Microsoft Word, kita tidak perlu untuk mengetik semuanya secara manual sampai pada tanda bacanya sekaligus, karena Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk membuat sebuah daftar pustaka, kita tinggal memasukkan data  - data yang diperlukan, untuk cara lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Buka terlebih dahulu karya tulis yang akan kita tambahkan halaman daftar pustaka.
2. Kemudian, klik tab menu References, di grup Citations & Bibliography, klik Manage Sources.


3. Akan tampil jendela Source Manager, klik tombol New untuk mulai membuat daftar referensi.

4. Akan tampil jendela Create Source, disinilah kita memasukkan informasi dari karya - karya yang akan kita jadikan referensi. Pada bagian Type of Source kita bisa memiliki tipe dari karya ilmah yang akan kita jadikan sumber referensi, apabila referensi tersebut berasal dari sebuah jurnal, maka kita pilih Journal Article. Selanjutnya, isilah semua data - data jurnal tersebut pada field yang disediakan.

5. Apabila penulisnya lebih dari satu orang, kita klik tombol Edit pada sebelah kanan bagian Author, isi nama lengkap penulis secara berurutan lalu klik tombol Add, setelah itu kita bisa isi field selanjutnya dan seterusnya hingga selesai. Jika sudah selesai, kita bisa klik tombol OK.
Jika penulis dari karya tersebut hanya satu orang saja, isi semua field yang disediakan dengan semua data, lalu langsung klik tombol OK.

6. Selanjutnya kita akan kembali ke jendela Source Manager yang berisi data - data yang suda kita inputkan sebelumnya. Untuk menyimpan hasil yang sudah kita input, tutup jendela Source Manager dengan mengeklik tombol Close.

7. Selanjutnya, kita tambahkan daftar referensi yang telah kita buat tadi pada halaman daftar pustaka, untuk caranya yaitu kita pilih tab menu References > Bibliography > Insert Bibliography.

8. Setelah kita klik Insert Bibliography maka daftar referensi yang sudah kita input tadi sudah tampil dan menjadi daftar pustaka.

Pada sebuah halaman daftar pustaka tentunya tidak hanya satu referensi saja yang kita masukkan, proses di atas hanya untuk satu rujukan referensi saja, untuk membuat rujukan berikutnya silahkan bisa diulangi langkah - langkah di atas.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments