Friday, December 21, 2018

Mengganti Kata atau Kalimat dengan Kata atau Kalimat Baru pada Microsoft Word

Sering kali ketika membuat karya tulis seperti misalnya skripsi, pasti ketika belum dianggap selesai maka akan adanya banyak sekali revisi atau perubahan - perubahan dalam karya tersebut, apakah dikarenakan kesalahan ejaan, susunan kata, pilihan kata atau jenis - jenis kesalahan - kesalahan lainnya.

Apabila hanya terdapat sedikit kesalahan, tentu tidak menjadi masalah apabila diubah satu persatu, namun apabila terdapat banyak kesalahan, tentu akan membutuhkan waktu yang lama dan menjadi tidak efisien apabila dilakukan pencarian kemudian diubah satu persatu.
Untuk itulah kita perlu menggunakan fitur yang disediakan oleh Microsoft Word. Berikut adalah langkah - langkah untuk menggunakan fitur tersebut.


Mengganti Kata atau Kalimat pada Microsoft Word
1. Buka terlebih dahulu file dokumen yang akan diubah menggunakan Microsoft Word.
2. Pada ribbon Home,pilih menu Replace.
3. Selanjutnya akan tampil jendela Find and Replace. Klik tab Replace, lalu isi kolom Find what dengan kata atau kalimat yang akan diganti dan kolom Replace with dengan kata atau kalimat pengganti, kemudian klik Replace atau Replace All.

4. Tunggu sebentar sampai muncul kotak notifikasi bahwa proses penggantian telah selesai.

5. Pada menu Find and Replace, kita tidak hanya sekedar mengganti kata atau kalimat dengan kata atau kalimat baru, melainkan dengan mengeklik tombol "More"akan tampil menu - menu lanjutan yang dapat kita gunakan, seperti tampak pada gambar di bawah. Selain itu, kita juga dapat melakukan pengaturan tulisan, seperti Font, Paragraph dan lain - lain dengan mengeklik tombol "Format".

Demikian, Semoga bermanfaat

No comments:
Write comments