Monday, December 7, 2020

Cara memeriksa penggunaan memory / RAM pada komputer

Memory atau RAM merupakan salah satu komponen penting dalam komputer, karena memory cukup berpengaruh dalam kinerja atau kecepatan komputer. Semakin besari kapasitas memory yang terpasang pada komputer, maka semakin banyak pula data yang dapat diolah dan disuplai ke prosesor. Oleh karena data yang diolah lebih besar maka proses pengolahan data pun menjadi lebih cepat. Namun,

ketika kita mengakses banyak aplikasi dalam satu waktu, maka data yang diproses pun menjadi lebih banyak sehingga kinerja komputer bisa mengalami penurunan atau lebih lambat.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah membatasi jumlah aplikasi yang diakses secara bersamaan tersebut atau mungkin bisa juga dengan menambah kapasitas RAM yang terpasang pada komputer. Sebelum melakukan hal tersebut, alangkah lebih baik kita periksa terlebih dahulu berapa kapasitas memory yang saat ini sedang terpakai, berikut adalah beberapa cara untuk mengecek kapasitas memory yang sedang terpakai.

1.    Via Task Manager

Untuk membuka Task Manager, kita bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del, kemudian pada pilihan perintah yang tampil klik “Task Manager”, di jendela Task Manager klik tab Performance, lalu pada panel sebelah kiri, klik “Memory”, di bagian Memory Usage dapat kita melihat berapa kapasitas memory yang sedang terpakai.


2.    Melalui Resource Monitor

Terlebih dahulu kita bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + R untuk membuka kotak dialog “Run”, setelah terbuka, ketikkan “resmon”.


Setelah terbuka, klik tab “Memory”, pada bagian ini kita melihat kapasitas memory yang digunakan oleh masing – masing aplikasi yang sedang terbuka serta total keseluruhan kapasitas memory yang sedang terpakai.

3.    Melalui Performance Monitor

Sebelumnya, kita juga harus membuka kotak dialog “Run” terlebih dahulu, setelah tampil ketikkan “perfmon”.


Setelah terbuka, pada panel sebelak kiri, klik “Performance Monitor”, maka tampilan akan berubah menjadi grafik seperti di bawah ini.

Agar bagian Memory dapat ditampilkan pada bagian grafik, klik tombol “+” warna hijau,

Pada jendela “Add Counters” yang tampil, scroll terus ke arah bawah sampai menemukan bagian “Memory”, setelah ketemu, silahkan di klik kemudian klik tombol “Add” kemudian klik tombol “OK”.

Setelah itu, pada panel di sebelah kanan bagian bawah, klik baris “Commited Bytes” untuk menampilkan informasi – informasi mengenai penggunaan memory pada grafik di bagian atas.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments