Tuesday, December 15, 2020

Tips untuk menghapus file secara permanen, tanpa disimpan di Recycle Bin terlebih dahulu

Ketika kita menghapus sebuah file atau folder dari komputer atau laptop, maka sebetulnya file atau folder tersebut tidaklah langsung hilang dari komputer kita, melainkan menuju suatu tempat sampah komputer atau yang kita kenal dengan Recycle Bin. Sehingga untuk menghapus suatu file atau folder

secara normal, memerlukan dua tahapan, yakni kita hapus folder atau file tersebut kemudian kita hapus dari Recycle Bin atau kita kosongkan Recycle Bin.

Bisa dikatakan, Recycle Bin merupakan suatu fitur penyelamat, maksudnya adalah ketika kita keliru menghapus file atau folder yang sebenarnya kita perlukan, maka file atau folder masih bisa diselamatkan dengan melakukan proses restore file dari Recycle Bin.

Namun terkadang, kita sangat yakin bahwa file atau folder memang perlu dihapus sehingga tidak perlu untuk dipindahkan ke Recyle Bin, melainkan dihapus secara secara permanen. Untuk hal ini, Recycle Bin juga memiliki pengaturan untuk memfasilitasi hal tersebut, sehingga file tersebut akan langsung benar – benar terhapus untuk selamanya. Adapun untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan pada Icon Recycle Bin di Desktop, kemudian pada perintah cepat yang tampil, pilih “Properties”.

  2. Akan tampil jendela Properties dari Recycle Bin, selanjutnya kita pilih file dari salah satu Drive yang kita ingin hapus langsung secara permanen, misalnya dari Drive D, maka kita klik Drive D,  kemudian klik tombol (radio button) dari pilihan “Don’t move files to the Recyle Bin. Remove files immediately when deleted”, kemudian untuk lebih amannya kita aktifkan notifikasi konfirmasi penghapusan dengan memberi tanda centang pada pilihan “Display delete confirmation dialogue”, lalu klik tombol “Apply” dan diakhiri klik tombol “OK”.

3.       Selanjutnya, setiap kali kita menghapus file dari Drive D, maka file tersebut akan langsung terhapus tanpa harus tersimpan terlebih dahulu di Recycle Bin.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments