Wednesday, December 2, 2020

Cara Mengenali Jenis Port USB di Laptop atau Komputer

Berbicara dengan port usb pada laptop atau komputer, kemungkinan besar laptop yang kita beli baru – baru ini menggunakan USB 3.0, akan tetapi jika kita membelinya beberapa tahun yang lalu, mungkin ada yang menggunakan USB 2.0 atau USB 3.0. Meskipun terdapat perbedaan jenis port USB yang

disematkan, namun perangkat yang masih menggunakan USB 2.0 kompatible dengan port USB 3.0 yang terdapat pada komputer atau laptop, begitupun juga sebaliknya.
pixabay.com

Salah satu perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0 terdapat pada kecepatan transfer data, USB 3.0 dapat melakukan transfer data sekitar 10x lebih cepat daripada USB 2.0 yaitu sekitar 625 Mbps. Perbedaan lain terdapat pada konsumsi daya, USB 3.0 mengkonsumsi daya lebih besar daripada USB 2.0, USB 3.0 bisa mengkonsumsi daya hingga 900 mA, berbeda dengan USB 2.0 yang mencapai 500 mA.

Untuk mengetahui komputer atau laptop kita apakah menggunakan jenis USB 3.0 dapat kita lakukan dengan beberapa cara, yaitu :

1.    Menggunakan Device Manager

Untuk membuka Device Manager, terlebih dahulu buka kotak dialog “run”, bisa dengan tombol keyboard “Windows + R”, setelah terbuka ketikkan “devmgmt.msc”, lalu tekan tombol “Enter” pada keyboard atau klik tombol “OK”.


Pada jendela Device Manager, scroll atau gulung ke arah bawah sampai ketemu “Universal Serial Bus Controllers”, kemudian klik agar daftar hardware dapat ditampilkan, apabila terdapat USB 3.0 berarti perangkat kita menggunakan USB 3.0.


2.    Melalui logo

Pada perangkat yang menggunakan USB 3.0 selalu menggunakan tanda “SS” bersama dengan logo USB.

3.    Serta melalui warna port

Port USB 3.0 menggunakan warna yang berbeda dengan port USB 2.0, USB 3.0 menggunakan warna biru, berbeda dengan USB 2.0 yang menggunakan warna hitam atau putih. Jika terdapat perangkat yang menggunakan warna biru pada port USB-nya, maka bisa dipastikan menggunakan USB 3.0.

pixabay.com

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments