Friday, December 4, 2020

Mengetahui Tipe RAM di Windows 10

Selain prosesor dan harddisk, salah satu komponen lain yang juga berperan penting pada perfoma suatu komputer adalah memori atau RAM, semakin besar RAM yang terpasang maka semakin baik pula performa dan kinerja dari komputer tersebut. Sifat RAM adalah volatile, dimana data akan tetap

tersimpan pada RAM selama komputer dalam keadaan menyala, namun ketika komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.

RAM terdiri dari beberapa tipe, ada SDR (Single Data Rate), adapula DDR (Double Data Rate). DDR sendiri juga terdiri beberapa tipe, yaitu DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 serta DDR5. Untuk mengetahui tipe RAM yang terpasang pada komputer atau laptop kita, bisa menggunakan tool bawaan dari windows, adapun langkah – langkahnya yaitu :

1.         Dengan Task Manager

Di dalam Task Manager terdapat informasi – informasi tentang aplikasi, proses serta layanan – layanan yang sedang berjalan dalam sistem komputer. Untuk membuka Task Manager, kita bisa klik kanan pada Task Bar, kemudian pada pilihan perintah yang tampil, kita pilih Task Manager. 


Pada jendela Task Manager, klik tab Performance, lalu pilih Memory, terlihat tipe RAM yang digunakan yakni DDR3.

2.         Melalui Command Prompt

Jika menggunakan Command Prompt, terlebih kita buka harus membuka jendela Command Prompt, salah satu caranya yaitu gunakan kombinasi tombol keyboard Windows + R, kemudian ketikkan “cmd” lalu klik tombol OK atau tekan tombol “Enter” pada keyboard.


Setelah tampil jendela Command Prompt ketikkan perintah “wmic MemoryChip get BankLabel, Capacity, MemoryType, TypeDetail, Speed, Tag”, kemudian tekan tombol “Enter”. Seperti tampak pada gambar berikut, bahwa Type Memory tampil dalam bentuk angka yakni angka “24”, dimana angka 24 merupakan representasi dari dari DDR3,


sedangkan untuk tipe RAM yang lain juga memiliki representasi masing – masing dalam bentuk angka, antara lain angka 2 untuk DRAM, angka 7 untuk VRAM, angka 17 untuk SDRAM, angka 20 untuk DDR, angka 21 untuk DDR2, dan lain sebagainya.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments