Wednesday, December 2, 2020

Cara untuk menyalin path / lokasi file atau folder dari File Explorer di Windows 10

Path atau jalur file dapat diartikan sebagai lokasi keberadaan file atau folder dalam suatu komputer, dimana path ini dapat kita temukan pada File Explorer. Dalam membuat suatu file atau folder, biasanya kita pasti menyimpan file tersebut, bisa hanya dalam satu tingkat folder saja, atau bisa juga dalam folder yang lebih dalam lagi.

Untuk pengguna biasa, path mungkin tidak terlalu penting, namun bagi seorang programmer atau seorang yang berkecimpung di dunia trouble shoot, path adalah hal yang sangat penting, karena untuk melakukan trouble shoot, kita harus mengetahu jalur atau path file tersebut.

Di artikel ini, kita akan mencoba untuk langsung menyalin path file atau folder. Sebagai contoh, kita akan menggunakan file “host”. Adapun untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu kita cari lokasi file “host” pada File Explorer.

  2. Kemudian pada file “host” tersebut , tekan dan tahan tombol “Shift” pada keyboard, kemudian klik kanan mouse untuk menampilkan daftar perintah cepat, pada perintah yang muncul pilih “Copy as path”.

  3. Sesudah proses tersebut kita sudah menyalin path dari file host, untuk memastikannya, buka aplikasi, seperti Notepad misalkan, kemudian paste-kan pada aplikasi tersebut.
  4. Dapat kita lihat bahwa path lengkap dari file host sudah berhasil kita salin.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments