Saturday, December 19, 2020

Cara mengubah posisi taskbar Windows

Seperti yang sudah kita ketahui, taskbar merupakan lokasi dari icon – icon aplikasi yang sedang terbuka atau kita akses. Pada taskbar juga terdapat tombol Start Menu, tanggal dan jam serta berbagai notifikasi lainnya. Secara default, taskbar terletak di bagian bawah layar komputer. Namun, apabila diinginkan, kita dapat merubah posisi taskbar, baik itu di sebelah kiri, kanan atau bagian atas dari layar komputer. Berikut

adalah langkah – langkahnya :

1. Menggunakan Teknik Dragging

Yaitu dengan cara klik dan tahan pada area kosong pada taskbar, kemudian arahkan ke area yang dikehendaki, yakni arahkan ke atas apabila ingin memindahkan taskbar ke bagian atas layar, ke kiri untuk memindahkan taskbar ke sebelah kiri layar, serta ke arah kanan apabila ingin memindahkan taskbar ke kanan layar.

2. Melalui menu Setting

Jika menggunakan menu Setting, langkah pertama yaitu klik kanan pada area kosong pada taskbar, kemudian pada perintah cepat yang tampil, pilih “Taskbar Settings”.


Selanjutnya pada jendela pengaturan yang tampil, gulung atau scroll ke arah bawah, sampai ketemu dengan menu “Taskbar location on screen”, pada drop down menu tersebut, pilih arah lokasi penempatan dari taskbar, yaitu Left, Top, Right, atau Bottom, sebagai contoh, kita akan memindahkan taskbar ke sebelah kanan layar, maka kita pilih “Right”.

Maka sekarang, dapat kita lihat bahwa posisi taskbar sudah berpindah di sebelah kanan dari layar.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments