Thursday, December 24, 2020

Cara Mengecek Sistem Operasi Windows sudah diaktivasi atau belum

Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini, hampir pasti ketika menginstall sistem operasi, maka yang akan kita gunakan adalah sistem operasi Windows. Langkah selanjutnya setelah menginstall ulang Windows, kita pasti melakukan aktivasi windows

tersebut, jika tidak diaktivasi, maka akan tampil sebuah watermark di layar dan kita bisa melakukan pengaturan pada fitur personalize.

Oleh sebab itu, sistem operasi dari komputer atau laptop kita sebaiknya diaktivasi, terlebih lagi ketika kita membeli laptop baru, tentu kita harus mengecek apakah sistem operasinya sudah diaktivasi atau belum, untuk mengeceknya ada beberapa cara, antara lain :

1.       Melalui Windows Control Panel

a.       Terlebih dahulu kita buku Control Panel, salah satu cara yaitu dengan menggunakan fitur pencarian, lalu ketikkan “Control Panel”, setelah tampil shortcut dari Control Panel, silahkan langsung di klik.


b.      Pada jendela Control Panel, klik menu “System”.


c.       Akan tampil bagian – bagian informasi dari sistem komputer kita, pada bagian Windows Activation, tampil informasi perihal aktivasi windows kita.


2.       Melalui Menu Settings

a.       Buka menu Settings, dengan klik tombol Start, kemudian klik menu “Settings” seperti gambar berikut :


b.      Pada jendela Settings yang tampil, klik menu “Update & Security


c.       Kemudian klik bagian “Activation


d.      Pada jendela menu Activation, tampak bahwa terdapat keterangan “Windows is activated with a digital license”, yang berarti bahwa Windows kita sudah diaktivasi.


3.       Dengan Windows Script Host

a.       Untuk cara ini kita bisa menggunakan bantuan dari Windows Run, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard “Windows + R” untuk membuka jendela Run


b.      Kemudian ketikkan perintah “slmgr.vbs -xpr


c.       Pada jendela Windows Script Host, akan tampil pernyataan “The machine is permanently activated” yang menandakan bahwa Windows kita sudah diaktivasi.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments