Wednesday, December 16, 2020

Mengatur Task Bar pada Windows agar bisa tersembunyi secara otomatis.

Taskbar merupakan salah satu komponen yang terdapat pada Sistem Operasi Windows, kita pasti akan melihat suatu komponen yang bernama taskbar namun hanya sedikit yang mengetahui nama dari komponen tersebut. Taskbar merupakan suatu salah satu bagian dari interface sistem operasi yang biasanya terletak di bagian bawah yang berfungsi untuk menampilkan aplikasi – aplikasi yang sedang

dijalankan oleh pengguna, serta shortcut – shortcut tertentu seperti Start Menu, notifikasi, tanggal dan jam, serta daftar icon lainnya.

Meskipun taskbar memiliki fungsi – fungsi yang sangat penting, namun terkadang sebagian pengguna ingin taskbar tersebut tidak ditampilkan atau disembunyikan, kemungkinan karena adanya aplikasi tertentu yang tampilannya kurang optimal karena terganggu oleh adanya taskbar, atau mungkin karena sebab lainnya.

Untuk itu, kita dapat melakukan pengaturan agar ketika taskbar tidak diperlukan maka akan disembunyikan secara otomatis dan akan tampil kembali ketika pointer mouse digerakkan ke arah bawah, adapun untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada area kosong pada taskbar, kemudian pada perintah cepat yang tampil, pilih “Taskbar Settings”.

  2. Kemudian ubah toogle switch “Automatically hide taskbar in desktop mode” dan “Automatically hide taskbar in table mode” dari “Off” menjadi “On”.

  3. Maka secara otomatis taskbar akan langsung bersembunyi.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments