Saturday, December 5, 2020

Tips melihat slot RAM yang terpakai dan yang kosong di Windows 10

RAM merupakan salah satu perangkat penting dalam suatu sistem komputer. RAM terdiri dari chip – chip yang berupa  IC (Integrated Circuit), transistor serta kapasitor yang terpasang pada sebuah papan sirkuit. Semakin besar kapasitas RAM yang terpasang pada komputer maka tentunya semakin cepat dan baik pula kinerja dari komputer tersebut.

RAM berbentuk seperti sebuah kepingan di mana untuk menggunakannya diperlukan sebuah slot di dalam komputer. Kepingan RAM untuk laptop biasanya berukuran lebih kecil dari pada RAM untuk komputer. Untuk dapat menambahkan RAM ke dalam komputer atau laptop maka perlu dipastikan bahwa masih ada slot kosong untuk RAM di dalam komputer tersebut.

Untuk melihat slot RAM, biasanya kita membuka casing atau tutup dari komputer atau laptop tersebut, sehingga kita bisa mengetahui secara langsung pada slot yang terpasang pada motherboard. Namun sebetulnya, kita juga bisa mengetahui slot RAM tersebut melalui cara yang lebih mudah, sehingga kita perlu untuk membuka casing dari komputer atau laptop tersebut, yaitu dengan menggunakan Task Manager.

Di dalam Task Manager terdapat informasi – informasi tentang aplikasi, proses serta layanan – layanan yang sedang berjalan dalam sistem komputer. Untuk membuka Task Manager, kita bisa klik kanan pada Task Bar, kemudian pada pilihan perintah yang tampil, kita pilih Task Manager. 


Pada jendela Task Manager, klik tab Performance, lalu pilih Memory, terlihat pada bagian “Slot used” bahwa terdapat 2 slot untuk RAM dan 1 slot saja yang terpakai sehingga masih ada 1 slot yang kosong.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments