Tuesday, December 29, 2020

Cara menonaktifkan fitur download otomatis media di whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi pengirim pesan yang sangat popular dan banyak digunakan saat ini, dengan adanya fitur – fitur yang dimiliki oleh whatsapp, membuat komunikasi menjadi lebih lancar dan mudah. Namun, kebanyakan orang tidak sadar, bahwa aplikasi perpesanan seperti whatsapp mengkonsumsi paket data yang cukup besar, hal ini dikarenakan secara default fitur download otomatis pasti menyala, sehingga

ketika sedang saling mengirim pesan dengan orang lain, maka media – media seperti gambar, audio dan video pasti akan terunduh secara otomatis dan tentunya memakan paket data yang tidak sedikit, selain itu juga bisa membuat memori ponsel kita menjadi cepat penuh.

Untuk itulah ada baiknya jika fitur unduh otomatis ini dinonaktifkan, sehingga kita hanya akan mengunduh media – media yang memang diperlukan saja. Adapun caranya dapat kita tempuh dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Tentunya kita buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp yang sudah terinstall pada ponsel kita.
  2. Tekan tombol menu yaitu tombol titik 3 yang ada di pojok kanan,

    kemudian pilih “Setting” atau “Setelan”.

  3. Lalu pilih menu “Data dan penyimpanan”.

  4. Di situ terdapat bagian menu “Unduh otomatis media”, dimana pada menu tersebut terdapat 3 pilihan yaitu “saat menggunakan data seluler”, “Saat terhubung ke Wi-Fi” serta “Saat roaming”,

    pilih menu tersebut serta hilangkan centang semua jenis media, yakni Foto, Audio, Video dan Dokumen. Apabila centangnya dihilangkan semua aplikasi whatsapp kita tidak lagi mendownload secara otomatis.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments