Sunday, December 13, 2020

Menghapus daftar file yang sudah dibuka (Recent List Item) di File Explorer Windows 10

Ketika kita membuka file – file pada komputer atau laptop, Sistem Operasi akan melacak semua file yang pernah kita akses sebelumnya, pada File Explorer, file – file tersebut akan ditampilkan pada bagian Recent Files.

Dengan adanya Recent Files tersebut, sebenarnya memudahkan kita untuk dapat mengakses kembali file yang sebelumnya kita akses tanpa kita perlu harus mencari dan masuk ke tiap – tiap folder untuk mengaksesnya. Berikut adalah tampilan dari Recent Files di File Explorer.


Meskipun fitur tersebut bermanfaat, ada kemungkinan kita tidak ingin file tersebut tampil, mungkin karena alasan privasi atau lainnya, sehingga kita ingin menghapusnya. Untuk menghapusnya tidaklah terlalu sulit, untuk langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1.         Melalui menu Windows Setting

a.    Langkah pertama yaitu klik kanan pada Taskbar (area kosong), lalu pada perintah yang tampil pilih Settings.


b.    Kemudian pada jendela Setting yang tampil, pada panel sebelah kiri, klik tab “Start”, pada bagian bawah, pada toogle switch Show recently opened items in Jump Lists on Start or the taskbar and in File Explorer Quick Access, dari On menjadi Off.


2.         Melalui File Explorer

a.    Untuk melalui File Explorer terlebih dahulu kita klik menu “File”, lalu pada sub “ Menu yang muncul klik Change folder and search options”.


b.    Akan tampil kotak dialog Folder Option, lalu pastikan yang aktif adalah tab General,pada grup Privacy, klik tombol “Clear”, lalu klik tombol “OK”.


Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments