Wednesday, July 22, 2020

Beberapa macam format file audio


Setiap kali kita mendengar kata audio atau suara, pasti yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita adalah musik, hal ini kemungkinan besar disebabkan setiap waktu pasti kita sering mendengarkan musik, dan pasti format file musik tersebut kebanyakan adalah mp3, karena ukurannya yang relatif kecil, namun suara yang dihasilkan sudah cukup maksimal. Namun sesungguhnya, selain mp3 masih ada lagi format – format file audio yang lain.

Berikut adalah beberapa format – format audio.
pixabay.com

1.       MP3 (MPEG Layer 3)
Memiliki ukuran kecil karena sudah terkompresi, namun masih dengan kualitas yang baik. Bitrate sekitar 128, 160, 192, 256, 320 kbps. Format MP3 berekstensi mp3.

2.       AAC (Advanced Audio Coding)
File AAC masih berbasis MPEG2 dan MPEG4. AAC memiliki kecepatan 128 kbps, serta merupakan penyempurna dari MP3. Memiliki kualitas suara yang bagus dengan frekuensi di bawah 16 Hz, memiliki 48 channel, sample rate antara 8 Hz – 96 kHz.

3.       WAV (Waveform Audio Format)
WAV merupakan format yang paling digunakan oleh seorang professional, karena kualitasnya setara dengan rekaman aslinya, akan tetapi ukurannya relatif besar, dalam 1 menit ukurannya bisa 108 Mb. Format WAV berekstensi .wav atau .wv.

4.       AIFF (Audio Interchange File Format)
Merupakan format file audio yang sering digunakan untuk menyimpan suara untuk komputer dan alat audio lainnya. File AIFF berektensi : aif, aifc, atau .aiff

5.       OGG Vorbis
Merupakan salah satu file format audio yang sifatnya open source. OGG dirancang untuk tidak dibatasi penggunaan perangkat lunak serta efisien untuk streaming dan penyimpanan. Namun aplikasi pendukung file OGG masih sedikit, salah satunya yaitu winamp. File OGG Vorbis berekstension : .ogg.

6.       FLAC (Free Lossless Audio Codec)
Merupakan kategori audio Lossless. Ketika dikompresi menjadi FLAC, file audio tersebut kualitasnya hanya sedikit yang menurun. Akan tetapi ukurannya menjadi lebih besar. Ekstensi dari file FLAC, yaitu .m4a, .m4b, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac.

7.       WMA (Windows Media Audio)
Merupakan format yang disediakan oleh windows pada aplikasi Windows Media Player serta hanya dapat digunakan pada Sistem Operasi Windows. Akan tetapi file WMA memiliki ukuran yang relative besar. File ini berekstensi : .wma.

8.       MIDI
Merupakan standar audio yang dirancang oleh perusahaan alat – alat musik agar instrument – instrument tersebut dapat saling berkomunikasi, seperti misalnya agar alat musik seperti keyboard dan komputer dapat tersinkron. Ukuran file MIDI sangat kecil, 5 menit lagu biasa hanya 50 Kb saja. File format ini berekstensi Mid, MIDI.

Demikian, beberapa format file audio, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments