Saturday, July 25, 2020

Cara cek spesifikasi HP Android tanpa aplikasi, mudah banget


Seperti yang sudah kita ketahui, handphone merupakan suatu barang yang hampir pasti dimiliki oleh setiap orang, dan hampir semuanya menggunakan HP android. Karena dengan HP android kita tidak hanya menelepon atau berkirim pesan saja, melainkan banyak sekali fungsi – fungsi lain dari HP android yang bisa kita gunakan, mulai dari memfoto, main game, hingga membuat video.


Namun, untuk dapat menggunakannya semaksimal mungkin, kita juga harus mengetahui spesifikasi dari HP Android yang kita gunakan, sehingga bisa kita memperkirakan batas maksimal kemampuan HP tersebut, sehingga jika gunakan melebihi spesifikasi yang disarankan, bisa saja HP tersebut menjadi panas, hang atau bahkan rusak.

Jika HP tersebut masih baru, spesifikasinya bisa kita lihat pada brosur atau kardus dari HP tersebut, bisa juga kita lihat di google berdasarkan merk dan tipe dari HP tersebut, namun jika HP lama dan kita juga lupa dari type HP tersebut, spesifikasinya bisa juga kita cek dari fitur yang disediakan HP tersebut.
Caranya yaitu :
      1. Buka menu pengaturan atau setting pada HP android kita.

      2. Setelah menu pengaturan terbuka, pilih menu Tentang Ponsel/Tentang Perangkat/About Phone seperti pada gambar.

      3. Maka akan tampil spesifikasi HP kita seperti contoh pada gambar.

      4. Namun, setiap jenis HP bisa saja berbeda – beda, untuk contoh di atas langsung tampil spesifikasi dari HP tersebut, untuk beberapa merk lain ada yang harus masuk ke menu lain, seperti “Info Perangkat Lunak”

Apabila menggunakan aplikasi tambahan, kita akan bisa melihat spesifikasinya secara lebih detail, adapun salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah : “CPU-Z”.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments