Sunday, July 19, 2020

Jenis – jenis perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer



Untuk menyusun sebuah sistem jaringan komputer, baik itu yang menggunakan sarana kabel mau pun yang tidak menggunakan kabel, tentunya harus didukung dengan perangkat – perangkat tertentu yang memiliki fungsi masing – masing, namun saling menunjang sehingga bisa terbentuk suatu jaringan komputer.

Berikut adalah beberapa perangkat yang sering digunakan untuk menyusun suatu jaringan komputer.
1.      Network Interface Card
sumber : commons.wikimedia.org
Network Interface Card (NIC) atau yang biasa disebut dengan LAN Card, merupakan suatu perangkat biasanya sudah terpasang pada komputer atau laptop untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih menggunakan media kabel, biasanya berupa kabel UTP.
2.      Kabel
sumber : pixabay.com
Kabel jaringan merupakan suatu media yang digunakan untuk mentransmisikan data serta menghubungkan dua buah komputer ataui lebih dalam jaringan komputer. Kabel yang digunakan biasanya berjenis UTP, STP, Coaxial serta Fiber Optik. Penggunaan jenis – jenis kabel ini disesuaikan dengan topologi jaringan yang dibuat.
3.      Hub
sumber : commons.wikimedia.org
Merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal transmisi jaringan komputer – komputer dapat saling terhubung. Paket data yang melewati hub akan langsung dikirimkan ke semua port sampai menuju titik yang dituju. Namun hal ini berpotensi membuat collision atau tabrakan data.
4.      Switch

Switch memiliki fungsi yang sama dengan hub, namun switch dapat menangani apabila ada collision, switch juga lebih cepat dalam mentransmisikan data. Selain berfungsi untuk membagi sinyal, switch juga dapat memfilter paket data kemudian mengirimkannya ke lokasi jaringan tujuan.
5.      Bridge
Bridge berfungsi untuk memperluas serta membuat segmen jaringan. Bridge bekerja dengan mengenali MAC address suatu perangkat yang akan mentransmisikan data, kemudian membuat tabel internal dengan otomatis, sehingga dapat menentukan segmen mana yang difilter serta segmen mana yang dirouting.
6.      Router
Berfungsi untuk menghubungkan dua sistem jaringan atau lebih sehingga paket data dapat terkirim dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain. Sebagai contoh, kita dapat menghubungkan jaringan dengan segmen yang berbeda seperti 10.17.120.0/24 dengan 10.17.19.0/24. Router memiliki cara kerja yang sama dengan bridge, namun router bekerja pada lapisan ketiga OSI.
7.      Repeater
Repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi agar perangkat lain yang mungkin lokasinya agak jauh dapat terhubung. Repeater bekerja dengan menerima sinyal suatu sumber jaringan atau server, kemudian meneruskannya kembali dengan sinyal yang lebih luas dan lebih kuat.
8.      Modem
Modem merupakan kependekan dari modulator demodulator, perangkat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, begitu juga sebaliknya. Data yang diterima oleh komputer umumnya berbentuk digital, sehingga agar dapat diproses oleh komputer maka ketika modem mendapat data berbentuk analog harus diubah terlebih dahulu menjadi bentu digital. Ada beberapa jenis modem yang sering kita ketahui, seperti modem ADSL, modem USB, modem Mifi dan lain sebagainya.
9.      Server
sumber : pixabay.com
Suatu perangkat khusus yang menyediakan sumber data, informasi, layanan bagi client yang terhubung dengan server tersebut. Pada umumnya, server memiliki spesifikasi hardware yang sangat tinggi, terutama untuk processor dan RAM-nya.
10.  Access point

Access point terdiri dari antenna dan transceiver. Perangkat ini berfungsi untuk mentransmisikan dan menerima sinyal dari client dan sebaliknya sehingga dapat terhubung dengan jaringan tanpa menggunakan kabel. Dengan menggunakan access point, kita juga dapat membuat hotspot sehingga pengguna lain dapat terhubung.
11.  Konektor
Konektor merupakan suatu perangkat yang menghubungkan kabel ke perangkat jaringan atau komputer. Ada beberapa jenis konektor yang biasa digunakan, antara lain RJ45, BNC/T serta ST.
Demikian, beberapa perangkat yang biasa digunakan untuk menyusun suatu sistem jaringan komputer, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments