Tuesday, July 14, 2020

Jenis – jenis keyboard berdasarkan bentuk dan tombolnya


Keyboard merupakan salah satu perangkat input komputer, yang berfungsi untuk mengetikkan informasi ke dalam komputer, baik itu berupa data (huruf, angka atau pun simbol – simbol), maupun instruksi – instruksi yang harus dikerjakan oleh komputer. Oleh karena itu setiap perangkat komputer wajib terhubung dengan keyboard.
Berikut adalah beberapa jenis keyboard apabila digolongkan berdasarkan bentuk dan tombol – tombolnya.

1.       Keyboard Qwerty
pixabay.com
Keyboard Qwerty ditemukan tahun 1878 oleh Sholes, Glidden dan Soule. Lalu pada tahun 1905 menjadi standar dari mesin tik. Nama QWERTY diambil dari 6 huruf pertama yang berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik pada keyboard tersebut. Keyboard Qwerty didesain sedemikian rupa untuk meminimalkan kemacetan. Namun tetap saja, keyboard tersebut memiliki banyak kelemahan, diantaranya adalah beban yang tidak merata dalam pengoperasiannya, dimana tangan kiri memiliki beban yang lebih banyak daripada tangan kanan.
2.       Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK pertama kali kali diperkenalkan sekitar tahun 1932. Keyboard ini di desain agar tangan kanan memegang porsi lebih banyak dalam pengetikan daripada tangan kiri. Di samping itu, desain pada jenis keyboard ini buat agar 70 % ketikkan pada home row. Home row merupakan suatu istilah untuk deretan tombol – tombol pada keyboard yang terletak pada baris kedua alfabet, dimana baris ini merupakan lokasi dari jari – jari untuk stand by ketika tidak sedang mengetik.
3.       Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini didesain dengan cara memisahkan keyboard menjadi 2 bagian, yakni kiri dan kanan, serta dibuat dengan miring 15 derajat dengan kemiringan ke arah bawah. Keyboard klockenberd didesain dekat dengan meja kerja agar lebih nyaman ketika digunakan.
4.       Keyboard MALTRON
Keyboard Maltron dibuat dengan bentuk cekung ke dalam. Pertimbangan utama dari pembuatnya yaitu bahwa ketika sedang mengetik, jari – jari tidak membentuk suatu garis lurus. Dengan bentuk keyboard yang cekung, perancang keyboard ini berkeyakinan bahwa kenyamanan jari tangan lebih terjamin ketika mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).
5.       Keyboard CHORD
Ketika menggunakan keyboard Chord, kita harus menekan beberapa tombol bersamaan untuk memasukkan suatu huruf, sehingga ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama tangan bisa kelelahan. Namun, dengan ukuran yang ringkas keyboard ini sesuai untuk aplikasi portable.
Ada 2 jenis keyboard chord : 
  • Keyboard Palantype, terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok kiri terdiri dari huruf konsonan pertama, kemudian yang tengah merupakan kelompok huruf vokal, sedangkan kelompok kanan merupakan kumpulan konsonan terakhir.
  • Keyboard Stenotype, merupakan keyboard yang sering digunakan untuk mencatat suatu pembicaraan atau ucapan. Jenis keyboard ini digunakan oleh wartawan agar bisa lebih cepat dalam mencatat hasil wawancaranya.
6.       Keyboard Alphabetic
Tata letak tombol – tombol pada keyboard alfabetik sama dengan keyboard qwerty, namun huruf – hurufnya disusun sesuai dengan urutan abjad alfabet. Jenis keyboard kalah populer dengan keyboard qwerty, namun masih sering digunakan untuk mainan pembelajaran anak – anak.
7.       Keyboard Numerik
Keyboard Numerik diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam memasukkan bilangan dalam jumlah besar, karena setiap angka didesain dengan lokasi yang saling berdekatan sehingga lebih mudah.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments