Thursday, July 16, 2020

Jenis Mouse berdasarkan port koneksi ke komputer


Selain perkembangan menurut cara kerja sensornya, mouse juga telah mengalami banyak perkembangan berdasarkan koneksinya ke komputer atau laptop. Selain itu juga untuk dapat digunakan, konektor pada mouse juga harus sesuai sesuai dengan konektor yang terdapat pada komputer atau laptop.

Berikut adalah jenis – jenis perkembangan konektor dari  mouse.

1.      Bus Mouse
Mouse ini dihubungkan dengan komputer melalui perangkat bus yang sudah terintegrasi pada ISA add-in card. Mouse ini diluncurkan pada awal penggunaan komputer IBM.

2.    Serial Mouse
sumber : pixabay.com
   Serial mouse dihubungkan dengan komputer menggunakan port serial, yaitu sebuah media yang mengirimkan sinyal secara bit per bit. Yaitu menggunakan port dengan jenis 9 pin (DB9M).

3.      PS/2 Mouse
sumber : commons.wikimedia.org
Menggunakan konektor 6 pin mini-din. Pada umumnya port ini berwarna hijau.

4.      USB Mouse
sumber : pixabay.com
Mouse dengan port USB merupakan jenis mouse yang paling umum digunakan, karena pemasangannya pun mudah dan di setiap komputer atau laptop pasti sudah disertai dengan port USB. Mouse menggunakan konektor USB sebagai sarana untuk mengirimkan sinyal dari mouse ke komputer atau laptop.

5.      Wireless Mouse
sumber : pixabay.com
Mouse ini tidak menggunakan kabel sebagai sarana koneksi ke komputer atau laptop, melainkan menggunakan koneksi dalam bentuk infrared, Bluetooth atau pun wifi. Mouse ini menggunakan alat pemancar yang biasanya terpasang pada mouse tersebut, serta penerima sinyal yang biasanya terpasang pada port USB di komputer atau laptop. Jenis mouse merupakan mouse yang favorit digunakan karena membuat lebih praktis dan tidak terganggu akan adanya kabel yang menjuntai disekitar laptop atau komputer.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments