Monday, July 27, 2020

Mengenal perbedaan antara RAM dan ROM di HP Android


Ketika kita membaca artikel atau melihat video review tentang HP android pasti kita sering mendengar tentang RAM dan ROM, karena kedua hal tersebut paling sering disebut. RAM dan ROM merupakan dua hal yang berbeda tetapi selalu berdampingan. RAM dan ROM merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi performa suatu HP.

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory sedangkan ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. RAM berfungsi untuk menyimpan data – data dan perintah dari sistem secara sementara, tidak tetap atau bisa dikatakan dapat berubah sewaktu - waktu, dengan kata lain RAM bekerja saat aplikasi dari HP sedang dibuka, kemudian ketika aplikasi ditutup maka data – data dari RAM yang tersimpan tadi akan dihapus.

RAM
sumber : pixabay.com

Sedangkan untuk ROM, berfungsi untuk untuk membaca dan menyimpan data, ROM menyimpan data secara permanen, sehingga bisa dikatakan ROM merupakan penyimpanan internal dari suatu HP, karena selain menyimpan data – data sistem, ROM juga dapat digunakan menyimpan data di luar sistem, seperti foto, video, dokumen dan file – file lainnya. Dimana data – data yang tersimpan tersebut tidak mudah hilang atau berubah dengan sendirinya meskipun HP dalam kondisi mati. Ketika HP dinyalakan, maka data sistem operasi dibaca dari ROM. 
sumber : pixabay.com

Perbedaan lain tentang RAM dan ROM dalam HP Android bisa dilihat dari segi kebutuhan terhadap arus listrik. RAM bekerja jika ada arus listrik, sehingga RAM bekerja jika dalam kondisi HP menyala, jika HP dimatikan maka RAM tidak dapat bekerja dan data yang tersimpan akan hilang. Sedangkan untuk ROM, meskipun dalam kondisi mati atau tidak ada arus listrik, data – data yang sudah tersimpan tidak akan hilang begitu saja.

Secara kapasitas, RAM memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada ROM. Hal ini dikarenakan RAM hanya berfungsi menyimpan data sementara atau data sistem, sehingga tidak perlu lebih besar dari ROM. Rata – rata, HP Android saat ini memiliki kapasitas RAM sekitar 2 GB sampai 8 GB, sedangkan untuk ROM bisa berkali lipat, bisa 16 GB bahkan sampai 512 GB, karena disamping menyimpan data sistem, ROM juga digunakan menyimpan data lain dari pengguna.

Jika kita melihat dari kardus atau situs – situs tentang spesifikasi HP dan tertera “4 GB/64 GB”, maka bisa diartikan HP tersebut memiliki kapasitas RAM 4 GB dan kapasitas ROM-nya 64 GB.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments