Friday, July 31, 2020

Cara Mengatur Penggunaan Fitur Autoplay di Windows 10


Ketika kita menancapkan suatu perangkat baru seperti flashdisk misalnya ke salah satu port pada laptop atau komputer, biasanya akan muncul suatu pop up yang menampilkan beberapa pilihan mengenai tindakan selanjutnya terhadap flashdisk tersebut, fitur tersebut yang dinamakan sebagai “AutoPlay”.

Fitur ini sebenarnya cukup membantu karena bisa mempercepat tindakan kita berdasarkan pada pilihan – pilihan yang ada, namun bisa saja menjadi berbahaya apabila flashdisk tersebut sudah diinfeksi oleh suatu malware misalnya, karena dengan fitur autoplay yang aktif maka bisa saja malware tersebut bisa langsung dieksekusi secara otomatis.
Untuk itu kita perlu melakukan pengaturan pada fitur autoplay ini. Untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

1.       Klik menu “Setting

2.       Selanjutnya klik menu “Device

3.       Lalu pilih menu “AutoPlay

4.       Pada menu AutoPlay terdapat beberapa pilihan, pada bagian Use AutoPlay for all media and devices, kita bisa swipe ke arah off untuk mematikan fitur autoplay secara keseluruhan.

5.       Jika kita tidak ingin mematikannya secara keseluruhan, maka kita bisa mematikannnya secara individu. Dan pada beberapa pilihan yang ada, kita bisa pilih sesuai kebutuhan, bisa “take no action”, atau mungkin pilihan lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments