Thursday, July 16, 2020

Pengertian dan Manfaat dari Jaringan Komputer


Di zaman yang serba modern ini, internet adalah suatu hal yang dekat dengan kehidupan sehari – hari. Melalui internet, kita dapat dengan mudah mengakses informasi, berita – berita dari dalam dan luar negeri, kehidupan pada artis, download video atau pun film, dan sebagainya. Internet merupakan salah satu bentuk dari jaringan komputer.


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer atau perangkat lain yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan suatu media transmisi, sehingga dapat saling berbagi data, file, serta perangkat keras seperti printer, dan lain – lain.
sumber : pixabay.com

Jaringan komputer sangat diperlukan dalam kehidupan sehari – hari, baik untuk keperluan pekerjaan, maupun keperluan pribadi, mulai dari instansi pemerintah, rumah – sakit hingga perusahaan. Semuanya membutuhkan jaringan komputer untuk menunjang dalam berbagai kegiatan.
Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan jaringan komputer.

1.       Berbagi dokumen
Dokumen merupakan hal yang penting dalam menunjang pekerjaan. Melalui jaringan komputer, kita dapat mengakses dokumen yang sama pada lokasi atau PC yang sama dengan rekan kita yang berbeda ruangan. Hal ini tentunya file tersebut sudah di-share terlebih dahulu.

2.       Memudahkan dalam berkomunikasi
Salah satu penunjang agar pekerjaan menjadi lancar dan cepat terselesaikan adalah komunikasi yang baik dan cepat, dengan jaringan komputer kita bisa berkomunikasi dengan rekan kerja ataupun atasan meskipun tidak dalam satu ruangan. Kita bisa berkomunikasi menggunakan teks, suara hingga panggilan video.

3.       Mudah menyebarkan dan memperoleh informasi
Dengan memanfaatkan jaringan komputer, kita dapat dengan mudah memperoleh informasi apapun, bisa dengan browsing, ataupun memanfaatkan social media. Selain itu juga kita juga dapat dengan mudah menyebarkannya.

4.       Kemudahan mengakses perangkat yang sama
Dalam suatu instansi, hal ini menjadi lebih mudah dan lebih hemat. Sebagai contoh, dalam hal akses printer, suatu instansi hanya cukup untuk memasang satu printer saja, untuk kemudian disharing, sehingga printer tersebut juga dapat digunakan oleh semua PC dalam instansi tersebut, sehingga tidak perlu menyiapkan sejumlah printer sesuai dengan jumlah PC yang digunakan.

Demikian pengertian dan beberapa manfaat dari jaringan komputer, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments