Wednesday, July 29, 2020

Cara menginstall font baru di windows 10


Font atau jenis huruf merupakan salah komponen yang menentukan dalam membuat sebuah karya, dimana penggunaannya harus sesuai dengan jenis karya yang akan kita buat, untuk jenis karya yang bersifat formal seperti surat, skripsi atau laporan kita harus menggunakan jenis font yang bersifat formal pula. Sedangkan untuk karya – karya yang membutuhkan suatu kreatifitas seperti poster, baliho, dan lain sebagainya, maka diperlukan juga jenis font yang lebih bebas dan indah.


Di windows sendiri memang sudah menyediakan berbagai jenis font, namun terkadang, font – font tersebut dirasa kurang mendukung untuk menunjang pekerjaan tersebut, terlebih jika kita seorang desainer yang mengandalkan font dalam bekerja. Untuk itu diperlukan jenis – jenis font tambahan yang yang telah kita unduh dari internet. Setelah diunduh kita perlu menginstallnya ke dalam Windows kita untuk dapat digunakan, berikut langkah – langkah untuk menginstall font tambah tambahan tersebut kedalam Windows kita.
  • Terlebih dahulu, kita download file – file font tersebut dari internet, jika masih dalam bentuk .zip, kita ekstrak terlebih dahulu agar lebih mudah diakses.
  • Setelah itu, cari file dengan ekstension .ttf atau .otf. lalu double klik file tersebut.
  • Lalu akan tampil contoh desain dari font tersebut, selanjutnya klik tombol install untuk menginstall font tersebut.
  • Tunggu hingga beberapa saat hingga proses selesai.
  • Untuk mengecek apakah font tersebut telah berhasil terinstall kita bisa cek pada aplikasi yang terinstall pada computer kita seperti Microsoft Word, Photoshop dan sebagainya. Disini kita coba cek pada aplikasi Microsoft Word.
  • Pada gambar di atas, tampak bahwa font tersebut sudah masuk pada daftar font dan bisa kita gunakan.

Apabila kita ingin menginstall banyak font baru dalam satu waktu, maka terlebih dahulu file – file font tersebut kita kelompokkan dalam satu folder terlebih dahulu, kemudian blok font – font mana saja yang akan diinstall, kemudian di klik kanan dan pilih install.
Untuk melihat font – font apa saja yang sudah terinstall pada computer kita bisa lihat pada fitur Control Panel, caranya yaitu :
  • Klik menu Control Panel terlebih dahulu, bisa melalui fitur pencarian atau cara lainnya.
  • Pada bagian Control Panel. Klik Font.
  • Kemudian muncul jendela Font, yang berisi font – font yang ada pada computer kita, tampak bahwa font yang tadi diinstall sudah berhasil masuk pada daftar.

Demikian semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments