Wednesday, July 22, 2020

Pengertian dan Bagian – Bagian Motherboard

Istilah motherboard pasti sudah tidak asing lagi bagi orang – orang yang menggunakan komputer dalam kegiatan sehari – hari, meskipun orang tersebut awam dalam dunia perkomputeran. Motherboard atau yang juga sering disebut mainboard merupakan suatu papan sirkuit sebagai tempat meletakkan perangkat keras lainnya agar sistem komputer dapat menyala dengan normal. Serta


mengkoordinasikan semua hal – hal teknis yang meliputi BIOS, chipset, RAM, VGA Card, prosesor, serta slot – slot lain seperti PCI, ISA, serta USB.
Motherboard juga berfungsi sebagai pusat dari semua perangkat keras komputer agar perangkat – perangkat tersebut dapat saling berhubungan dan bekerja sama satu sama lain, diantaranya yaitu prosesor, RAM (memory), harddisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor serta perangkat lainnya.
sumber : pixabay.com

Adapun komponen – komponen tersebut antara lain :
      1. Northbridge atau Memory Controller Hub
sumber : commons.wikimedia.org
Merupakan bagian dari chipset yang berfungsi mengendalikan komunikasi CPU, RAM, AGP atau      PCI Express dan southbridge.

2. Southbridge
sumber : commons.wikimedia.org
Southbridge dan northbridge merupakan kutub utama motherboard. Southbridge merupakan      penghubung dengan perangkat input output komputer, seperti USB, bus IDE, PCI dan sejumlah perangkat lainnya.

      3. Processor Socket
sumber : pixabay.com
Merupakan tempat untuk memasang prosessor. Secara umum, fisik dari soket prosessor ini dikelilingi 4 buah lupang untuk penyangga Heatsink Fun. Hal ini dikarenakan ketika prosessor bekerja memerlukan penghantar panas. Saat memilih motherboard sebaiknya disesuaikan dengan prosesor yang ada, karena setiap prosesor sudah memiliki soket masing – masing sehingga tidak bisa sembarangan.

      4. Slot RAM
sumber : commons.wikimedia.org
Slot untuk RAM bentuknya memanjang sesuai panjang RAM, serta posisinya bersebelahan dengan soket prosesor, dan biasanya berjumlah lebih dari satu. Masing – masing RAM memiliki slotnya sendiri, jadi misalkan bila pada motherboard terdapat slot RAM untuk DDR3, maka tidak bisa dipasang RAM jenis DDR2.

      5. Chipset BIOS
Chipset BIOS (Basic Input Output System) merupakan suatu chip yang berfungsi mengontrol perangkat keras pada komputer serta mengontrol kesiapan hardware ketika komputer melakukan booting. Letaknya tidak menentu pada motherboard.

      6. Slot AGP dan PCI Express x16
sumber : commons.wikimedia.org
Kedua slot tersebut fungsinya sama, yakni tempat memasang kartu VGA. Akan tetapi slot AGP biasanya terpasang komputer jenis lama, untuk motherboard jenis baru biasanya terpasang slot PCI Express.

      7. Slot PCI dan PCI Express x1
Slot ini digunakan untuk menancapkan komponen – komponen tambahan, seperti sound card, LAN card, VGA card, dan komponen lainnya. Pada motherboard, slot ini biasanya berjumlah lebih dari satu.

      8. CMOS
sumber : pixabay.com
Complimentary Metal Oxide Semiconductor atau baterai CMOS merupakan baterai kecil yang terpasang pada motherboard yang berfungsi untuk memberikan daya pada BIOS serta menyimpan pengaturan BIOS. Bentuk bateray CMOS mirip dengan baterai arloji.

      9. Slot IDE dan Slot SATA
Kedua slot tersebut memiliki fungsi sama, yakni menghubungkan CD ROM serta harddisk ke motherboard, akan tetapi kedua slot tersebut memiliki bentuk yang berbeda. Slot IDE bentuknya memanjang, sedangkan slot SATA lebih kecil, sesuai dengan kabel SATA. Pada umumnya slot IDE ditemukan  pada komputer generasi lama.

      10. Slot penghubung (IO Ports)
Terpasang pada motherboard dan biasanya digunakan untuk perangkat di luar chasing yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan perangkat input dan output. Bentuknya pun bermacam – macam sesuai dengan macam perangkat input dan output, seperti mouse, keyboard, monitor, serta jack audio.

      11. Power konektor
sumber : commons.wikimedia.org
Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan power supply dengan motherboard agar mendapatkan daya listrik. Jumlah pin pada konektor ini biasanya 20-24 pin.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments