Friday, July 10, 2020

Pengertian dan Contoh Perangkat Output Komputer (output device)


Sebuah PC terdiri dari bermacam – macam perangkat keras yang memiliki fungsi sendiri – sendiri, namun perangkat – perangkat tersebut meski mempunyai fungsi masing – masing namun bekerja sebagai satu kesatuan yang utuh membentuk sebuah system computer. Sebelumnya kita sudah mengenal mengenai perangkat keras input. Kali ini kita akan mengenal mengenai perangkat keras output.

Perangkat keras output merupakan perangkat keras yang merupakan bagian dari suatu system computer yang berfungsi untuk menampilkan data yang telah diproses oleh bagian pemrosesan computer atau prosesor.
Perangkat keras output terdiri dari beberapa jenis dan sering ditemui oleh para pengguna komputer. Berikut adalah beberapa contoh dari perangkat keras output :

1.       Monitor
sumber :pixabay.com
Monitor merupakan perangkat keras output yang bias dibilang harus ada pada suatu system komputer, sebab tanpa adanya monitor kita tidak bisa mengoperasikan suatu komputer. Monitor menampilkan data yang perlu diketahui oleh pengguna komputer, data yang tampil pada monitor merupakan hasil pengolahan dari prosesor.
Monitor telah mengalami perkembangan, ketika dulu hanya ada monitor tabung, selanjutnya dikembangkanlah monitor LCD yang memiliki bentuk lebih ramping, sampai sekarang ini muncul monitor LED yang bisa menampilkan hasil lebih jernih.

2.       Printer
sumber : pixabay.com
Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak data atau dokumen menjadi bentuk hardfile. Data yang dicetak oleh printer merupakan data yang telah diolah oleh proses oleh prosesor.
Printer sendiri ada beberapa macam, ada yang menggunakan teknologi ink jet, laser jet serta ada pula yang menggunakan dot matrik.

3.       Proyektor
sumber : pixabay.com
Projector merupakan perangkat keras output yang sering kita jumpai pada sebuah rapat, atau pun seminar. Projector sering dipakai sebagai media presentasi untuk memudahkan para peserta melihat data – data yang ditampilkan komputer. Fungsi proyektor sebenarnya hampir sama dengan monitor, yakni untuk menampilkan data, hanya saja untuk proyektor tampilannya bisa lebih luas dan bisa dilihat oleh banyak orang.

4.       Speaker
sumber : pixabay.com
Speaker merupakan perangkat keras output yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara, dimana data suara tersebut berasal dari pengolahan data digital dengan format tertentu yang telah diolah oleh prosesor.
Demikian beberapa perangkat yang tergolong perangkat keras, semoga bisa menambah wawasan kita semua.
Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments