Wednesday, July 15, 2020

Jenis Mouse Berdasarkan Sensornya


Mouse sebagai salah satu hardware penting dalam sebuah sistem komputer telah melalui banyak perkembangan. Jika dulunya terkesan monoton dan hanya memiliki bentuk yang itu – itu saja, saat ini telah banyak inovasi dan varian yang beragam, salah satunya yaitu mouse gaming, dimana mouse jenis ini sudah tidak asing lagi bagi para gamer.

Berikut adalah beberapa jenis mouse yang biasa digunakan sejak dulu hingga saat ini:
1.      Mechanical Mouse (Mouse Mekanik)
sumber : pixabay.com
Mouse jenis ini juga bisa disebut sebagai mouseball atau mouse bola karena pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola, bola tersebut dapat bergerak ke semua arah. Pergerakan bola tersebut dideteksi oleh sebuah sensor dan menerjemahkan ke monitor dengan arah gerakan yang sama. Saat ini, mouse mekanik sudah jarang digunakan. Untuk menggunakan mouse ini, kita perlu sebuah alas yang dikenal dengan mouse pad. 
2.      Optomechanical Mouse
Optomechanical mouse merupakan pengembangan dari mechanical mouse, karena selain memiliki bola pada bagian bawahnya, mouse ini memiliki sinar yang terletak di samping bola yang menunjukkan posisi atau koordinat dari pointer, juga memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada mouse mekanik.
3.      Optical Mouse

Optical mouse tidak memiliki bola seperti halnya 2 jenis mouse sebelumnya, sehingga tidak bekerja secara mekanis. Mouse ini menggunakan sinar laser sebagai sarana untuk mendeteksi pergerakan mouse. Untuk menggunakan mouse ini, kita juga tidak memerlukan mouse pad. Mouse ini juga lebih akurat dan cepat daripada 2 jenis mouse sebelumnya.
Demikian pembahasan singkat dari mouse berdasarkan sensor deteksinya, semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments